Calon Wabup Purwakarta No 3 Tak Hadiri Debat Ke-2

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada debat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta sesi kedua yang digelar Kamis (3/5/2018) malam ini, salah satu calon Wakil Bupati Purwakarta, dari nomor urut 3, Luthfi Bamala tidak hadir. Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ramlan Maulana, Kamis (3/5/2108).

Ramlan mengatakan, pihaknya sudah mengizinkan Lutfhi absen dalam debat publik kedua Pilkada Purwakarta berlangsung di Hotel Harper dengan alasan akan melaksanakan ibadah umroh.

Baca Juga:  Kaajendam III/Siliwangi Beri Pengarahan Kepada Orangtua Calon Tamtama TNI AD

“Sudah ada pemberitahuan sebelumnya dari Paslon no urut 3 untuk melaksanakan ibadah umroh. Sejak rapat kordinasi yang lalu. Jadi dipastikan tidak ikut debat,” ujar Ramlan, saat ditemui sebelum debat dimulai.

Menurutnya, jika dengan sengaja tidak mau hadir pada debat publik, ada pelanggaran yang harus diperhitungkan paslon. Sanksinya berupa penghentian fasilitas iklan layanan kampanye selama 14 hari di media massa.

Baca Juga:  Yoel Yosaphat Ungkap Keluhan Penahanan Ijazah dan Kurangnya Sarana Posyandu Kerap Muncul Setiap Reses

“Yang memungkinkan paslon bisa tidak hadir dalam debat adalah karena alasan sakit dan atau ibadah umroh. Dan pemberitahuannya ke KPU, tiga hari sebelum debat digelar,” kata Ramlan.

Sementara itu, beredar video dan foto calon Wakil Bupati Purwakarta Luthfi Bamala, calon Wakil Bupati Kuningan, Udin, dan pasangan calon Gubernur dan calon Gubernur Jabar Sudrajat-Syaikhu bersama Rizieq Shihab saat berada di Arab Saudi.

Baca Juga:  Polisi Buru Penyebar Video Asusila Dua Sejoli di Sumedang

Dalam video berdurasi 3 menit lebih itu, Riziq Shihab memperkenalkan mereka. Pada video itu, Rizieq Shihab tampak tidak mengkampanyekan para calon kepala daerah itu. Namun, justru mengumumkan istigosah di Bogor pada 5 Mei. Rizieq Shihab juga berpesan pada mereka. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat