Dipercaya Dapat Menyembuhkan Luka, Berikut Khasiat Madu

JABARNEWS | BANDUNG – Madu sudah  digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu karena mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Beragam khasiat madu sudah bukan rahasia umum.

Madu bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan dan obat-obatan yang memakai madu sebagai bahan dasarnya. Bahkan madu juga dijadikan sebagai bahan campuran di beberapa makanan dan minuman.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat madu bagi kesehatan:

Baca Juga:  Ceramah dari Gus Muwafiq Awali Rangkaian HUT Purwakarta

1. Agen Antibakteri – Kandungan hidrogen peroksida dan tingkat keasaman alami pada madu terbukti dapat mencegah proses pertumbuhan bakteri.

Karena itu, madu menjadi salah satu bahan alami yang terbukti efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka serta mengatasi keluhan di lambung.

2. Bantu Penyembuhan Luka – Khasiat madu untuk kesehatan, yakni sebagai penyembuh luka sudah diketahui sejak zaman dahulu. Bahkan, satu penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan madu, yaitu 43,3%, yang digunakan dalam perawatan luka.

Baca Juga:  Saham Geo Thermal, Pemkab Bandung Pantas Kantongi 5%

3. Menambah Stamina – Madu merupakan cairan kental manis yang dibuat oleh lebah. Lebah mengumpulkan gula dari nektar bunga di lingkungannya. Produk akhirnya adalah madu, yaitu cairan yang berfungsi sebagai cadangan makanan untuk lebah.

4. Menurunkan tekanan darah – Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dengan mengkonsumsi madu.

Baca Juga:  Soal Revitalisasi Fungsi Sungai Cimanuk, Anggota DPR Bilang Yes

5. Baik untuk jantung – Kandungan fenol dan senyawa antioksidan yang ada dalam kandungan madu bisa dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

Madu diketahui dapat membantu pembesaran arteri di jantung sehingga meningkatkan aliran darah ke jantung.

Penulis: Muhammad Amaludin