Soal Revitalisasi Fungsi Sungai Cimanuk, Anggota DPR Bilang Yes

JABARNEWS | INDRAMAYU – Anggota Komisi V DPR RI dari PDI Perjuangan, Yoseph Umarhadi, akan mendorong usulan Pemerintah Kabupaten Indramayu yang ingin mengembalikan fungsi sungai Cimanuk lama. Selama ini sungai yang dulu pernah menjadi pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Sunda Kelapa itu, mati dan tidak berfungsi.

Kini pengembalian fungsi sungai Cimanuk dilakukan untuk mengatasi banjir dan kekeringan, terutama wilayah sekitar sungai. Yoseph mengatakan, sungai Cimanuk lama memang sudah seharusnya dikembalikan ke fungsi semula. Mengingat sungai tersebut memiliki manfaat bagi masyarakat maupun daerah.

Baca Juga:  Baznas Jabar Gelar Konser Amal Bersama Sabyan Gambus

Salah satu cara yang akan dilakukan adalah mengalihkan jalan yang menghubungkan Desa Pabean Udik dan Pabean Ilir, Kecamatan Indramayu dengan membangun jembatan layang. Selama ini jalan itu menutup dan mematikan sungai.

“Pembangunan jembatan layang saat ini sedang dikerjakan. Untuk pengembalian fungsi sungai akan kita usahakan dilakukan di tahun 2019. Kami minta dari BBWS Cimanuk Cisanggarung segera mengajukan anggarannya ke Kementerian PUPR. Kami di Komisi V siap membantu,” ujarnya, dikutip Radar Cirebon, Selasa (31/7/2018).

Baca Juga:  Terjerembab dalam Ruang Penilaian, Mengapa Mempersoalkan Gelar Akademik?

Selain ingin mengembalikan fungsi sungai untuk penanganan banjir, Yoseph mengatakan, reaktivasi Sungai Cimanuk lama bisa menangani sendimentasi di wilayah atau bendungan ballas, Desa Rambatan. Selama ini air yang seharusnya mengalir ke Cimanuk lama ditutup dan dialihkan ke Sungai Cimanuk baru.

Akibatnya terjadi sendimentasi secara berkesinambungan. Akhirnya Kementerian PUPR melalui BBWS secara terus menerus mengeluarkan biaya untuk melakukan pengerukan.

“Tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit dan mahal. Solusinya ya harus mengembalikan fungsi sungai Cimanuk lama. Dengan dikembalikannya ke fungsi semula, juga bisa mengatasi banjir di Indramayu,” terangnya.

Baca Juga:  Desas-desus Kabar Elon Musk Datang Ke Indonesia, Apa Benar?

Belum lama ini Yoseph meninjau pembangunan jembatan layang yang menghubungngkan Desa Pabean Ilir dan Pabean Udik sekaligus melihat kondisi sungai Cimanuk lama yang rata dengan tanah. Anggota dewan dari dapil Jabar 8 Kota/Kabupaten Cirebon dan Indramayu itu didampingi Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Happy Mulya dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Omarsyah. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat