Diskar PB, Petugas Serba Bisa

JABARNEWS | BANDUNG – Selama ini masyarakat mengenal dinas kebakaran dan penanggulangan bencana (Diskar PB) dulu akrab disapa Damkar hanya bertugas memadamkan api dan menyelamatkan nyawa manusia atau mencari jenazah. Tapi ternyata tugas pasukan berslogan “Pantang menyerah sebelum api padam ini” kini cukup berat, banyak dan unik.

Dari mulai memadamkan api, mencari korban jiwa baik yang terbakar ataupun hanyut terbawa banjir, juga mencari kendaraan terbawa arus banjir.Kemudian menyelamatkan korban bencana tanah longsor dan bencana lainnya, menyelamatkan hewan anjing, kucing ataupun hewan apapun yang butuh pertolongan. Bahkan membantu masyarakat mengambilkan handphone (HP) smartphone yang tak sengaja masuk gorong-gorong.

Baca Juga:  DPRD Jabar: Meski Pandemi, P3D Harus Dapat Berkontribusi

Kepala Diskar PB Ferdi Legaswara mengatakan apapun laporan masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan selama laporan itu valid akan dilakukannya, kendati personil sedikit.

Seperti Sabtu, (2/5/2018),sekitar pukul 06.20 WIB, seorang warga bernama Iza (31) JL. Setiabudi

(Depan Borma Setiabudi) Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap meminta pertolongan HP miliknya jatuh ke gorong-gorong.

Baca Juga:  Wisata Lembang Bersiap Hadapi Libur Lebaran, Karyawan Ikut Vaksinasi Covid-19

Ferdi menyampaikan kronologi kejadian berawal saat Iza hendak mengeluarkan barang dari bagasi mobil, tidak terasa menyenggol kantong handphone yg terletak di pinggang Iza sendiri.

“Menurut Bpk Iza pertama handphone jatuh ke paving blok dan langsung memantul masuk ke gorong-gorong,” jelasnya mengutip Iza.

Kemudian kata Ferdi, tim Diskar PB Kota Bandung menurunkan 1 unit penyelamat. Tim menggunakan kawat dan paralon membuat alat jerat, lalu handphone diambil dengan menggunakan alat tersebut berhasil di selamatkan dalam keadaan masih berfungsi.

Baca Juga:  Ambulans Kewalahan, Jenazah Covid-19 di Jakarta diangkut Pake Truk

Seminggu lalu, Diskar menyelamatkan seekor anjing ras lokal yang ditabrak lari pengendara sepeda motor di daerah Cipaganti. Atas aksinya itu baik masyarakat secara langsung maupun netizen banyak memberikan pujian pada Diskar PB. Bahkan banyak yang mendoakan Diskar PB Kota Bandung tetap berjaya, sehat dan selamat selama bertugas. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat