Gempa Bumi Magnitudo 4.4 Guncang Nias Barat, Ini Kata BMKG

JABARNEWS I NIAS BARAT – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi bermagnitudo 4.4 di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Selasa (3/8/2021) pukul 11.04 WIB.

Data analisis BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.21 Lintang Utara dan 96.69 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 120 km arah Barat Daya, Nias Utara, Sumatera Utara di kedalaman 49 km.

Baca Juga:  MUI Jabar Tegaskan Praktik Kawin Kontrak Adalah Haram

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto  mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 4.4 terjadi di Nias Barat, tidak ada laporan masyarakat yang merasakan guncangan gempa tersebut.

“Tidak ada laporan dari masyarakat yang merasakan getaran gempa tersebut,” tulisnya.

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, gempa bumi bermagnitudo 4.4 terjadi di Nias Barat, BPBD tidak ada mendapat laporan adanya masyarakat yang merasakan guncangan gempa. Selain itu gempa juga tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Antara Nekat dan Berani, Pencuri di Pasar Banjarsari Ciamis Melancarkan Aksinya Siang Hari

“Tidak ada laporan masyarakat yang diterima BPBD adanya merasakan guncangan berasal dari gempa tersebut,” ucapnya.

Dia minta masyarakat Nias Barat, terutama tinggal di daerah pesisir agar tidak menerima berita-berita terkait gempa yang tidak jelas kebenarannya. Namun tetap waspada apabila terjadi gempa dengan skala besar.

Baca Juga:  Gara-gara Satpol PP, Delapan Pasangan di Sumedang Gagal Ena-ena

“Tetap waspada apabila terjadi gempa dan jangan menerima berita yang tidak jelas kebenarannya, selain itu untuk mencari informasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan,” bilangnya. (Ptr)