Hati-hati Jika Mata Kalian Berwarna Merah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Bola mata memiliki pembuluh darah halus yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan zat makanan ke sel-sel mata. Ketika pembuluh darah halus ini melebar akibat iritasi atau peradangan, mata akan terlihat merah.

Mata merah juga bisa terjadi ketika mata kita mengalami cedera yang bisa menyebabkan pembuluh darah halus ini pecah, sehingga terjadi perdarahan dan mata jadi merah.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber beberapa penyebab mata merah, diantaranya yakni:

Baca Juga:  Sebut KPU Gagal, Bupati Tasikmalaya: Pemilu Berjalan Sukses

Pertama. Masuknya benda asing ke dalam mata – Benda asing, seperti debu, pasir, atau serpihan besi, dapat masuk ke mata akibat tiupan angin, ledakan, atau kecelakaan. Gejala masuknya benda asing ke mata bisa berupa mata merah, nyeri pada mata, dan mata berair.

Kedua. Alergi – Mata merah juga merupakan salah satu gejala alergi mata. Hal ini terjadi karena reaksi umum dari alergi adalah mata memerah. Ketika sistem kekebalan kalian bereaksi terhadap zat asing, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, bahan kimia tubuh kalian secara alami akan melepaskan histamin sebagai upaya untuk melawan alergen.

Baca Juga:  Bupati Sarmi Pastikan Tak Ada Korban Jiwa Karena Gempa 6.2 SR

Ketiga. Mata lelah – Terlalu lama menatap layar monitor, TV, ataupun handphone akan membuat kalian secara tidak sadar jarang berkedip. Padahal, berkedip merupakan salah satu cara alami untuk melembabkan mata kalian sehingga bisa mencegah mata kering dan merah.

Baca Juga:  Herman Khaeron Ajak Kader Dan Warga Cirebon Bukber

Keempat. Glaukoma – Glaukoma adalah peningkatan tekanan bola mata yang mengakibatkan kerusakan pada saraf-saraf optik. Akibatnya, penglihatan penderitanya pun dapat terancam.

Salah satu gejala yang dialami pengidap glaukoma adalah mata merah, yang juga disertai dengan sakit kepala, pusing, serta mual dan muntah. Apabila tidak ditangani segera, glaukoma berisiko memicu kebutaan. (Red)