Ini Penyebabnya Kenapa Kipas Radiator Mobil Avanza Tidak Berputar

JABARNEWS | BANDUNG – Kipas radiator mobil Avanza tidak berputar merupakan salah satu hal yang sering terjadi. Hal tersebut bisa menyebabkan mesin mobil panas dan berakhir overheating.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kipas radiator mobil Avanza tidak berputar. Namun, kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab kipas radiator mobil avanza tidak berputar yakni:

Baca Juga:  Pemerintah Pusat Puji Jabar Caang

Pertama. Sekring Putus – Komponen sekring menjadi salah satu komponen dalam sistem kerja Radiator, keberadaannya sangat memiliki peran penting dalam menjaga rangkaian elektrikal pada bagian radiator. 

Jika komponen sekring bermasalah atau terputus, maka rangkaian elektronika kipas radiator tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Dongkrak Pembangunan di Desa, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum Soal PABPDSI

Kedua. Motor Kipas Mati – Penyebab kipas radiator Avanza tidak berputar juga bisa dikarenakan penggerak motor yang rusak. 

Jika motor penggerak rusak, maka harus sistem pendingin tidak mampu menyerap panas mesin. Maka harus segera dilakukan penggantian motor kipas.

Ketiga. Sensor Temperatur rusak – Sensor temperatur rusak menjadi penyebab kipas radiator tidak bergerak. Mengingat fungsinya sebagai komponen pemberi sinyal untuk engine ECU saat suhu mesin memanas.

Baca Juga:  Teddy:Kita Tidak Telantarkan Essien

Secara teori, sensor pendingin akan mengirim sinyal pada ECU engine, maka pada saat yang bersamaan kipas radiator akan bergerak mendinginkan air coolant yang ada di dalam radiator. (Red)