Inilah Manfaat Aqua Jogging Yang Tak Kalah Sehatnya Dengan Lari Di Darat

JABARNEWS | BANDUNG – Anda mungkin pernah merasa malas untuk jogging di taman kota karena tidak ingin kepanasan dan berkeringat bukan? Cobalah untuk melakukannya di dalam air. Deep water running atau aqua jogging dapat menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang ingin meraup manfaat renang dan lari dalam satu kesempatan.

Kolam renang tidak hanya bisa digunakan untuk berenang saja, akan tetapi juga untuk olahraga lari. Selain bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga lari di air pun dapat memberikan manfaat lainnya, yaitu:

1. Melatih Kekuatan Otot

Melakukan olahraga lari di air bukan berarti Anda hanya merendam area kaki saja, lho. Seluruh bagian tubuh Anda justru harus masuk ke dalam kolam renang, kecuali bagian kepala.

Hal ini akan membuat seluruh bagian tubuh yang terendam air menerima tekanan dari berbagai sisi. Secara otomatis, otot-otot tubuh Anda akan saling bekerja sama untuk melawan tekanan dari air.

Saat Anda menggerakkan tangan dan kaki untuk melawan tekanan dari air, otot-otot tubuh akan ikut berkontraksi dan bergerak. Alhasil, otot akan semakin kuat dan bugar setelah rutin melakukan olahraga lari di air.

Baca Juga:  Kepedulian Pemerintah Terhadap Veteran Baik, Tapi ...

2. Membakar Kalori Lebih Banyak

Melakukan aktivitas di air memang tidak begitu melelahkan seperti saat Anda melakukannya di darat. Namun jangan salah, olahraga lari di air justru membutuhkan lebih banyak energi daripada lari di darat, lho.

Dr. Robert Wilder, seorang fisiolog sekaligus direktur rehabilitasi olahraga di University of Virginia, mengungkap kepada Livestrong bahwa olahraga lari di air dapat membakar 11,5 kalori per menit.

Saat Anda melakukannya selama 30 menit, artinya Anda sudah membakar sekitar 345 kalori. Sementara jika Anda melakukan olahraga lari di darat pada waktu yang sama, Anda hanya membakar kalori sebanyak 144 kalori, alias lebih sedikit daripada saat Anda lari di air.

3. Mencegah Cedera Persendian

Bagi Anda yang mengalami cedera setelah olahraga, Anda mungkin cemas akan hilang kebugaran karena harus menunda olahraga. Tenang, Anda tetap bisa melakukan olahraga di air, kok!

Baca Juga:  Yuk Simak Gejala Diabetes Yang Hanya Dialami Oleh Wanita

Kabar baiknya, olahraga lari di air dapat membantu mempercepat pemulihan pada area tubuh yang cedera. Bahkan, lari di air juga bisa mengurangi risiko cedera berkelanjutan dengan menurunkan tingkat stres di bagian kaki. Dengan demikian, Anda tak akan kaget saat akan kembali rutin olahraga lari di permukaan jalan yang keras.

Lalu bagaimana cara melakukan olahraga lari di air yang benar?

Teknik olahraga lari dalam air sebenarnya tak jauh berbeda dengan saat Anda lari di darat. Namun, sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut ini agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

  • Lakukan pemanasan selama 2 sampai 3 menit untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi risiko cedera.
  • Mulailah dengan berjalan-jalan di air untuk menyesuaikan suhu tubuh Anda dengan air. Jika kaki Anda tidak menapak dasar kolam renang, gunakan bantuan pelampung, rompi, atau papan agar tubuh tetap terapung.
  • Hindari gerakan mendayung dengan melebarkan jari-jari tangan atau tangan yang ditangkupkan. Kepalkan kedua tangan dan biarkan gerakan kaki Anda mendorong tubuh Anda ke depan.
  • Setelah terbiasa berjalan di air, mulailah ambil langkah pendek dan agak cepat. Tingkatkan kecepatan berjalan secara perlahan sampai Anda mencoba lari di air.
  • Perhatikan detak jantung Anda. Ketika mencoba berlari di air, detak jantung akan menurun hingga sepuluh persen daripada saat lari di darat. Namun jangan cemas, lama kelamaan detak jantung Anda akan terbiasa jika sudah rutin melakukannya.

Demikianlah tadi beberapa manfaat dari melakukan olahraga lari di dalam air yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Kini Anda bisa mulai melakukan olahraga lari di air untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun bagi Anda yang sedang mengalami cedera, sebaiknya tetap konsultasikan dulu ake dokter atau terapis untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Jalan Girimukti-Leuwikidang Amblas, Pengendara Harus Waspada