Jangan Asal Mencuci, Beginilah Cara Mencuci Buah Yang Tepat

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bersama bahwa dengan rutin mengonsumsi buah, ada berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya nutrisi dan serat. Namun ada yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi buah, yaitu kebersihannya.

Buah yang tak dicuci atau dibersihkan dengan benar justru akan berbahaya bagi kesehatan. Meski dari luarnya terlihat segar dan bersih, tidak sedikit buah yang masih mengandung pestisida dan membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencuci buah hingga benar-benar bersih agar buah tersebut benar-benar bersih dari pestisida.

Baca Juga:  100 Hari Kerja Kapolri, Ini Capaian Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Mencuci buah dengan air saja tidaklah cukup menghilangkan pestisida yang menempel pada buah. Cara mencuci buah yang tepat dan sehat adalah dengan mencuci buah dengan sabun yang mengandung klorin. Jika takut ada bahan kimia berbahaya pada sabun, maka kita dapat memanfaatkan soda kue untuk mencuci buah.

Baca Juga:  Masyarakat Dihimbau Jangan Mendekati Kawah Sileri

Kandungan pada sabun dengan kandungan klorin dan soda kue bisa mengangkat pestisida yang menempel pada buah dengan baik. Tak hanya mengangkat pestisida pada buah, dua bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci sayuran.

Untuk mencuci buah dengan sabun dengan kandungan klorin atau pun dengan soda kue, kita hanya perlu memakai 1 sdt sabun/soda kue untuk setiap 1,5 air bersih. Campur sabun/soda kue dengan air kemudian cuci buah di air ini. Selanjutnya, kita bisa membilas buah dengan air bersih biasa.

Baca Juga:  Wakapolda Jabar Pantau Langsung Arus Mudik Di Pos Pam Terpadu Cikopo Purwakarta

Demikianlah tadi tips mencuci buah yang tepat dan juga sehat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan semoga setelah ini kita dapat mencuci buah dan sayur dengan cara yang lebih tepat dan sehat bebas pestisida. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Brightside

Jabarnews | Berita Jawa Barat