Lakukan 4 Hal Ini Agar Anda Cepat Berbaur Dengan Rekan Kerja

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian pegawai baru mungkin kesulitan mengakrabkan diri dengan rekan kerja lainnya. Namun tak hanya dialami oleh para pegawai baru saja, terkadang ada juga beberapa wanita karir yang merasa hubungannya merenggang dengan teman sekantor selepas masa cuti pasca melahirkan.

Memiliki ‘clique’ atau kelompok kecil dalam lingkungan kerja bisa jadi hal yang penting selama bekerja. Selain bisa menjadi tempat berbagi cerita atau curhat, mereka juga bisa menjadi sumber informasi penting seputar masalah kantor seperti tips bagaimana menghadapi si bos yang galak. Berikut di bawah ini adalah empat cara yang bisa anda lakukan untuk lebih mendekatkan diri dengan rekan-rekan di kantor, diantaranya:

1. Sediakan Waktu Untuk Mengobrol

Jika anda berniat untuk mendekatkan diri dengan rekan-rekan kerja, cara pertama untuk memulainya adalah dengan menyempatkan waktu untuk berbincang dengan mereka, walau hanya sebentar. Terlebih jika anda jarang diajak mengobrol atau teman sekantor anda adalah tipe pendiam, jadi andalah yang harus memulainya duluan. Cari topik perbincangan sederhana seperti makanan di kantin favorit atau tempat tinggal. Namun hindari topik yang terlalu pribadi karena akan membuat rekan anda tidak nyaman.

Baca Juga:  Terkait Pilgub Jabar, Iwa Mengaku Masih Fokus Jalankan Tugas Sekda

2. Bicarakan Topik Selain Pekerjaan

Membahas masalah kerja bisa menjadi langkah awal pendekatan. Namun sebuah hubungan akan jauh lebih akrab jika mereka saling berbagi mengenai masalah pribadi. Selain untuk semakin mendekatkankan diri, hal ini bisa mengurangi masalah-masalah kecil yang bisa anda alami. Misalnya saja, seorang manajer yang mengetahui anda memiliki anak-anak yang masih kecil atau tinggal di wilayah yang jauh dari kantor, kemungkinan besar dia akan lebih memahami jika anda datang sedikit terlambat.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Ribuan Kendaraan di Sumut Diputarbalikan

3. Undang Ke Rumah

Terkadang bagi seseorang yang sudah berkeluarga, mengikuti acara kantor atau hang out bersama rekan kerja tidak bisa dilakukan dengan leluasa. Maka satu-satunya jalan adalah dengan mengajak mereka berkunjung ke rumah. Jika tidak ingin terlihat ‘memakasa’, manfaatkan momen ulang tahun anda sebagai alasan untuk menjamu mereka. Biasanya, hubungan pertemanan akan semakin akrab jika telah saling mengunjungi keadiaman.

4. Cari Informansi

Bagi anda yang memiliki kenalan orang yang telah lama menjadi karyawan di tempat kerja, manfaatkanlah dia. Anda bisa menggali informasi mengenai situasi lingkungan kerja atau minta diperkenalkan kepada orang-orang dari divisi lain sehingga pertemanan anda bisa semakin luas. Dengan mengenal dan dikenal banyak orang, anda dapat lebih mudah mengajak kerjasama dan membangun koneksi.

Baca Juga:  Gubernur Jawa Barat Tawarkan Potensi Investasi Kepada Para Investor Rusia

Itulah tadi 4 cara yang bisa anda coba sendiri. Tak hanya sekadar demi mencari teman saja, kerjasama tim pun akan semakin kuat jika para anggotanya saling kompak dan dekat secara personal. Lalu bagaimana dengan anda? Usaha apa yang kerap anda lakukan agar lebih dekat dengan rekan? (Fin)

Sumber berita ini dambil dari wolipop.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat