Lima Daftar Curug Terbesar Di Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Air terjun atau Curug adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.

Dilansir dari beberapa sumber berikut Lima air terjun terbesar di Indonesia:

1. Air Terjun Sigura-Gura adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Sigura-Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Air Terjun Sigura-Gura memiliki ketinggian hingga 250 meter dan menjadikannya air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sigura-Gura berada di aliran Sungai Asahan di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Sigura-Gura dikontrol dari pintu air Waduk Sigura-Gura yang berada tepat diatasnya.

Baca Juga:  Saat Dana Covid-19 Terbatas, Pemprov Jabar Sewa Helikopter Rp600 Juta

2. Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

3. Air Terjun Penimbungan atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Penimbungan Torean adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 100 meter yang berada di lereng utara Gunung Rinjani. Air Terjun Penimbungan terletak di jalur pendakian ke Gunung Rinjani lewat Dusun Torean dengan elevasi rata rata 1.200 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Debit airnya bersumber dari Danau Segara Anak sehingga sangat deras dan berwarna biru toska.

Baca Juga:  Mahasiswa Bandung Dongkrak Produktivitas Perajin Keramik

Bahkan bisa menimbulkan kabut dibawahnya.

Disekitar Air Terjun Penimbungan diapit oleh tebing-tebing menjulang sehingga air jatuh ke kolam dibawahnya menimbulkan suara gemuruh. Namun keindahan alam ini hanya dapat disaksikan dari atas Lembah Sungai Putih karena medan untuk menuju bawah air terjun sangat terjal san masih dilarang karena sangat berbahaya.

4. Air terjun Melanggar atau sering disebut juga Banangar, Mananggar, dan Menaggar adalah patahan sungai landak yang menjadi wisata alam berupa air terjun yang berada di Dusun Perbuah, Desa Merayuh, kecamatan Air Besar, kabupaten Landak. Letak air terjun ini berada di hulu Sungai Landak, sekitar 290 kilometer arah timur laut Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Air terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah.

Baca Juga:  Update Covid-19 Nasional, Ada Penambahan Sebanyak 11.287 Kasus

5. Curug Nangga merupakan sebuah air terjun atau Curug (bahasa Indonesia: air terjun) yang berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Curug Nangga mulai dikenal secara umum pada tahun 2015 melalui media sosial. Curug Nangga menjadi sebuah lokasi objek wisata baru di Kabupaten Banyumas, di mana unsur yang menarik para wisatawan adalah adanya tujuh tingkat undakan air terjun seperti tangga dengan ketinggian masing-masing air terjun bervariasi mulai 10-20 meter.

Bupati Banyumas, setelah mengunjungi lokasi wisata ini, menyumbang Rp 30 juta yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk pembangunan jalan. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Banyumas membuat jalan penghubung antarobjek wisata di daerah tersebut.

Penulis: Muhammad Amaludin