Lima Level Keuangan Yang Mesti Diketahui, Kalian Termasuk Yang Mana?

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam dunia keuangan memiliki 5 level keuangan. Setiap level keuangan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Semakin tinggi level keuangannya, tentu semakin bagus kondisi keuangannya.

Setiap orang berada di level keuangan yang berbeda-beda. Ada yang setelah bekerja dan mendapat penghasilan, langsung mengelola keuangan dengan baik agar segala kebutuhan hidup bisa terpenuhi dengan baik. Mulai dari makan, tagihan listrik/air, transportasi, investasi, tabungan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu berikut lima tingkatan keuangan yang penting kalian ketahui yakni:

Pertama. Financial Ignorance – Level keuangan yang paling dasar atau bawah adalah financial ignorance. Umumnya, seseorang yang posisi keuangannya di level ini, dirinya bersikap acuh, masa bodoh, cuek, tak peduli dengan keuangan pribadinya. Yang terpenting, sudah mendapatkan penghasilan.

Baca Juga:  Naas, Seorang Pemuda Hilang Terseret Ombak Pantai Jayanti

Pada level financial ignorance ini, kamu lebih memilih untuk mengikuti alur keuangan saja alias memakai uang jika lagi dibutuhkan detik itu juga. Entah untuk beli kebutuhan sehari-hari hingga beli barang seperti baju, sepatu, tas dan lainnya yang diinginkan.

Kedua. Financial Anxiety – Kebanyakan orang bilang, sudah mendapatkan penghasilan berarti hati dan pikiran tenang. Tapi jangan salah, meski sudah ada penghasilan dan mengatur keuangan, tak sedikit juga orang yang masih merasa cemas dan takut dengan kondisi keuangan.

Nah, jika kamu mengalami kondisi seperti ini, maka level keuangan kamu berada di financial anxiety. Perlu diketahui juga bahwa, seseorang yang mengalami financial anxiety dikarenakan dirinya kurang paham dengan perencanaan keuangan atau memang penghasilannya kurang mencukupi.

Baca Juga:  Hanyut di Sungai Sei Berte, Mahasiswi Asal Asahan Ditemukan Tewas

Ketiga. Financial Maturity – Level financial maturity ini, biasanya seseorang sudah memahami dirinya sendiri sehingga bisa mengambil keputusan yang baik dalam hal keuangan. Kamu tahu betul kalau kamu tidak boros dan berusaha menjalankan keuangan sesuai perencanaan yang telah dibuat.

Yang terpenting pada level keuangan ini, kamu berani memutuskan kapan waktunya ‘iya’ atau ‘tidak’ untuk belanjakan uang. Apabila untuk membeli barang A tapi uangnya kurang sedikit, kamu memilih untuk menunda hingga uangnya cukup untuk beli barang tersebut.

Keempat. Financial Pride – Financial pride merupakan level keuangan yang sudah baik, yaitu dimana keuangan seseorang sangat aman. Bisa dibilang kamu telah memiliki penghasilan baik bulanan atau harian yang lebih besar dari sebelumnya dan memiliki pengeluaran yang sedikit.

Baca Juga:  Puluhan Botol Miras Disita Polsek Maniis

Mungkin kamu hanya mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan, membayar tagihan, dana darurat, tabungan dan investasi modal minim. Dengan kondisi keuangan yang seperti ini, tentunya financial pride bisa membeli barang mahal yang diinginkan.

Kelima. Financial Well Being – Apakah kamu termasuk orang yang memiliki penghasilan yang lumayan besar dan semua kewajiban dalam memenuhi kebutuhan di masa sekarang dan masa depan sudah terpenuhi dengan aman tanpa merasa kesulitan financial sekalipun.

Jika kalian mengalami hal tersebut, tandanya kamu sudah berada di level financial well being yang dimana kamu berada di pencapaian level keuangan tertinggi alias di posisi keuangan yang sejahtera. (Red)