Motor Sering Mogok Tiba-tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Ketika motor sering mogok di jalan, membuat kita merasa geram. Ditambah lagi kita tidak mengetahui akar penyebab motor tersebut sering mogok dijalan.

Akan tetapi, dibalik itu semua ada beberapa hal yang bisa kalian periksa ketika motor yang kalian gunakan sering mengalami mogok saat di jalan.

Oleh sebab itu berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab motor sering mogok di jalan yakni:

Baca Juga:  Cuaca Hari Ini, Beberapa Wilayah di Jabar Berpotensi Hujan

Pertama. Bahan Bakar Beroktan Rendah – Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati.

Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah. Cara Mengatasi, Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan tinggi diatas 92 seperti Pertamax.

Kedua. Filter Udara Yang Kotor – Fungsi filter udara ialah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel-partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Heran, di Purwakarta Ada Pekerja WNA China Jadi Tukang Catat Barang

Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama.

Baca Juga:  Benarkah THR PNS Cair Besok? Ini Infonya

Ketiga. Mesin Terlalu Panas Atau Overheat – Penyebab overheat pada motor ialah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati.

Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring. (Red)