Muswil Keempat, FOZ Akan Bahas Isu Kesejahteraan Masyarakat Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Forum Zakat (FOZ) Jawa Barat berencana menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-4 pada Rabu (10/03/2021). Muswil tersebut bertujuan FOZ sebagai Rumah Besar Gerakan Zakat bisa berkontribusi dalam skala kebermanfaatan yang lebih besar bagi masyarakat.

Ketua FOZ Jabar, Herman mengatakan, dengan tajuk Penguatan Peran FOZ sebagai Kontributor Kesejahteraan Masyarakat Jabar, diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

“Sudah saatnya FOZWIL Jabar berkontribusi lebih kepada masyarakat, setelah pada periode ini Alhamdulillah sudah banyak tercipta kolaborasi antar Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota FOZ Jabar, maka next stepnya adalah kita ingin berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat Jabar,” kata Herman dalam keterangan yang diterima, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga:  Dukung Penuh Program KPK, DPRD Jabar: Kami Komitmen Berantas Korupsi

Dia mengungkapkan, dari data BPS menyebutkan ada setidaknya tujuh hal yang dijadikan indikator, yaitu kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, pola konsumsi, perumahan dan lingkungan serta ketimpangan dan kemiskinan.

Mengenai kemiskinan, lanjut Herman, data BPS 2020 menyebutkan bahwa per Maret 2020 di Jabar jumlah penduduk miskin mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dari 3,40 juta menjadi 3,92 juta jiwa.

Baca Juga:  Polres dan Kodim Ringankan Beban Warga Purwakarta Saat PPKM Darurat

“Untuk itu, kami ingin FOZ Jabar kedepan bisa terus berkontribusi bahkan lebih memprioritaskan untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Barat melalui penguatan peran FOZ sebagai rumah besar Gerakan Zakat di Jabar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hadi Supriyadi menyampaikan ada tiga agenda Sukses yang ditargetkan pada helatan Muswil kali ini. Pertama, Sukses Pelaksanaan, kedua Sukses Hasil, dan Sukses Penyampaian Pesan Muswil kepada masyarakat.

Baca Juga:  Partai Demokrat Belum Tentukan Sikap Politik Pada Pemilihan Presiden 2019

“Sukses secara Pelaksanaan, diharapkan pada Muswil kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancer dari mulai persiapan sampai pada penutupan acara. Sukses Hasil, harapannya adalah dari Muswil ini bisa dilakukan Evaluasi secara komprehensif dan menghasilkan Kepengurusan FOZWIL Periode selanjutnya yang lebih baik lagi,” ucap Hadi.

“Yang terakhir adalah Sukses dalam menyampaikan Pesan kepada masyarakat, bahwa melalui Muswil kali ini, FOZ Jabar berharap dapat berkontribusi lebih untuk masyarakat melalui Gerakan Zakat,” tutupnya. (RNU)