Perbaikan Bendungan Karet Tawangsari Cirebon Baru 50 Persen

JABARNEWS | CIREBON – Bendung Karet Tawangsari Losari Cirebon kini sedang dalam proses perbaikan. Proses perbaikannya pun dilakukan secara bertahap, sebab perbaikan Bendung Karet memerlukan biaya yang cukup besar.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis) Ismail Widadi mengatakan, Progres perbaikan Bendung Karet Tawangsari saat ini sudah mencapai 50.

“Dengan perbaikan bertahap ini, diharapkan bisa mengembalikan fungsi utama dari Bendung Karet Tawangsari untuk mencegah instrusi air laut, dan mengembalikan manfaat penyedia air baku sebanyak 100 liter perdetik yang dapat mencukupi sekitar 10.000 masyarakat,” kata Ismail, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga:  Ini Keputusan Gomez Untuk Ardi Idrus

Dia mengungkapkan, manfaat Bendungan Karet Tawangsari selain sebagai penyedia air baku, dari perbaikan ini adalah manfaat irigasi. Menurut Ismail, keberadaan Bendung Karet Tawangsari akan mengairi areal persawahan di Desa Tawangsari dan sekitarnya seluas 1000 Ha.

Baca Juga:  Tok! MA Tolak Permohonan Kasasi Prabowo-Sandiaga Uno

“Dengan adanya perbaikan Bendung Karet Tawangsari ini, diharapkan masyarakat juga ikut menjaga keberadaan bendung. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Agar manfaat dari bendung ini bisa tetap dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, setiap desa pasti membutuhkan bantuan. Seperti halnya dengan Desa Kalirahayu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon

Diberitakan sebelumnya, Anggota DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady menyampaikan bahwa tanggul di Sungai Cisanggarung yang jebol akan mengakibatkan terendamnya sebagian sawah milik masyarakat.

Baca Juga:  Hidupkan Kembali Sektor Wisata, Dadang Kurniawan Minta Pemprov Jabar Buat Terobosan

“Soal tanggul jebol juga sudah saya sampaikan ke Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar dan Kepala UPTD Dinas SDA Cimanuk-Cisanggarung untuk dikoordinasikan dengan BBWS. Jika ingin tuntas, memang dibutuhkan sinergitas banyak pihak, termasuk DPRD Kabupatan, DPRD, Provinsi, dan DPR RI,” tandas Daddy. (Red)