Polres Purwakarta Ringkus Kawanan Perampok Spesialis Kontainer

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kawanan bajing luncat (rampok) yang telah meresahkan masyarakat Purwakarta berhasil diringkus Jajaran Polres Purwakarta.

Dalam setiap aksinya, mereka selalu membawa airsoft gun untuk mencelakai korbannya.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, mengatakan, kawanan bajing luncat ini berjumlah empat orang. Kawanan ini, sering beraksi di lintas wilayah dan merupakan jaringan Bekasi.

Mereka, lanjut Kapolres, merupakan jaringan Bekasi. Kawanan ini, berhasil dibekuk setelah adanya laporan perampokan terhadap truk kontainer, yang terpakir di salah satu pom bensin yang ada di wilayah Kecamatan Campaka.

“Mereka, merampok kontainer yang kebetulan isinya makanan yang produksi oleh Khong Guan,” ujar Matrius, saat konferensi pers, di halaman Mapolres Purwakarta, Selasa (26/2/2019).

Baca Juga:  Beralasan karena Pandemi, Vokalis Band Kapten Gunakan Sabu

Diketahui ke empat pelaku itu, Slamet bin Sutam (36), warga Desa Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Dede Satibi Bin Sarmin (24), warga Desa/Kecamatan Mustika Jaya, Kabupaten Bekasi. 

M Zensyah Putra alias Paijo (25), warga Dusun Sidomulyo, Desa Merbau Selatan, Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Dan Gugun Gunawan (39), warga Kampung Cibungur, Batu Jajar Timur, Kabupaten Bandung Barat.

“Kronologisnya, belum lama ini jajaran Satrerskim menerima laporan soal kasus perampokan terhadap salah satu truk kontainer yang terparkir di pom bensin. Saat itu, kontainer yang disopiri Samromi bin Basir, sedang beristirahat setelah mengisi BBM di pom tersebut,” papar Matrius.

Baca Juga:  Belasan Perahu Nelayan Hangus Terbakar di Indramayu

Tiba-tiba, tambah dia, truk itu dipepet oleh kendaraan Toyota Avanza berwarna hitam. Kemudian, truk yang berisi biskuit ini, dirampok dan diisinya dipindahkan ke minibus tersebut

“Adapun sopirnya, disekap dan diancam dengan menggunakan airsoft gun,” ujar Matrius.

Saat proses pemindahan biskuit itu, salah satu security pom bensin melihatnya. Lalu, kejadian ini dilaporkan ke kepolisian.

Tak berapa lama, anggota tiba di lokasi kejadian. Lalu, terjadi aksi baku tembak dengan kawanan perampok ini. 

“Akhirnya, kawanan yang berjumlah empat orang ini berhasil kita bekuk,” ujarnya.

Berdasarkan pengakuan mereka, lanjut Kapolres, aksi perampokan ini sudah sering dilakukan.

Baca Juga:  Tiga Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kulit Terlihat Lebih Muda

Sasarannya, yaitu kontainer ataupun truk boks. Adapun, pemilihan kendaraan yang akan mereka gasak, dilakukan secara acak.

“Kebetulan, aksi mereka berhasil digagalkan setelah merampok satu kontainer biskuit,” ujarnya.

Setelah di cek di laporan, kawanan ini sudah beraksi di wilayah Purwakarta sebanyak lima kali. Salah satunya, di jalan ton. Selebihnya, beraksi di luar daerah. Seperti, Bekasi, Cimahi dan Bandung Barat.

“Untuk mempertanggujabakan perbuatannya, kawanan ini diganjar Pasal 363 tentang Pencurian dan Pemberatan. Dengan ancaman tujuh tahun penjara. Adapun barang bukti yang disita, 100 boks biskuit, satu unit Toyota Avanza, handphone, tang besar dan airsoft gun,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat