Rapat Paripurna DPRD Kuningan Dihentikan ’Kardus Pray For Lombok’

JABARNEWS | KUNINGAN Ada pemandangan lain dalam rapat paripurna pidato Presiden di Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Kamis (16/8). Beberapa orang tampak membawa kardus bertuliskan Pray For Lombok. Hal itu membuat rapat paripurna sempat terhenti beberapa menit karena relawan menghampiri setiap peserta sidang.

Meski demikian, aksi penggalangan dana mendapat respons baik dari para pejabat. Tak hanya Bupati Kuningan Acep Purnama yang menyisihkan sebagian uangnya, para petinggi muspida, pimpinan SKPD, anggota DPRD, dan seluruh tamu undangan juga kompak memberikan sebagian rezekinya untuk membantu korban bencana di Lombok.

Tak terkecuali Ketua DPRD Kuningan, Rana Suparman. Rana yang dikenal merakyat dan suka ceplas ceplos itu justru yang menginisiasi aksi penggalangan dana saat berlangsungnya rapat paripurna anggota dewan. Seperti dikutip radarkuningan.com.

Hal itu menjadi sejarah baru, karena belum ada sekali pun rapat paripurna yang diwarnai aksi galang dana di tengah-tengah berlangsungnya rapat. Alhasil, dana penggalangan dana dapat terkumpul sebanyak Rp 8.129.000 dari seluruh tamu undangan dan pegawai sekretariat DPRD Kabupaten Kuningan.

Baca Juga:  Pohon Tumbang Timpa Rumah di Garut, 20 Orang Diungsikan

Rencananya, uang tersebut akan ditransfer melalui lembaga sosial yang resmi terdaftar di bidang kebencanaan. ’’Penggalangan dana ini bentuk rasa kesenasiban antara kita yang ada di sini dengan saudara-saudara kita di Lombok. Ada sekitar Rp8 juta lebih dana yang terkumpul. Hasil penggalangan dana ini akan diserahkan kepada warga Lombok yang tengah membutuhkan bantuan,” ujar Ketua DPRD Rana Suparman.

Baca Juga:  Bupati Bandung Barat Dikemoterapi

Nantinya, kata Rana, uang itu akan diberikan kepada korban bencana gempa di Lombok melalui Sekretaris DPRD, Suraja. Bahkan, aksi galang ini merupakan bentuk spontanitas yang dilakukan anggota DPRD Kabupaten Kuningan.

’’Ini spontanitas saja, karena kami peduli terhadap saudara-saudara kami di Lombok. Alhamdulillah teman-teman di parlemen daerah dan juga dari legislatif sangat meresponsnya. Mereka langsung mengerahkan bantuan untuk saudara kita di Lombok,” katanya

Hal serupa disampaikan Sekretaris DPRD Kuningan, Suraja. Aksi galang dana di tengah rapat paripurna merupakan kali pertama di Gedung DPRD Kabupaten Kuningan.

’’Jadi ini inisiatif Pak Ketua (Rana, red) ya, kita hanya menjalankan saja. Dana yang terkumpul nanti ditransfer ke rekening yang menyalurkan dana bantuan ke korban bencana di Lombok. Semoga apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat buat saudara kita di Lombok yang sedang mengalami musibah bencana alam,” sebut Suraja.

Baca Juga:  PMII Minta Kejari Tuntaskan Kasus Korupsi DPRD Purwakarta

Dia berharap, agar dana yang disalurkan dapat bermanfaat bagi korban bencana dan bisa meringankan beban warga masyarakat di Lombok.

’’Semoga, niat baik seluruh warga masyarakat Kuningan khususnya bagi yang menyisihkan sebagian rezekinya dapat memberikan sedikit kebahagian bagi korban terdampak bencana alam Lombok. Kami di DPRD ikut berusaha meringankan beban mereka dengan sekadar bantuan yang tidak seberapa ini. Yang terpenting adalah kita harus saling membantu,” pungkas Suraja. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat