Resmi Dikukuhkan, IKA PPI Pajagalan Bandung Komitmen Majukan Pesantren

JABARNEWS | BANDUNG – Ikatan Alumni (IKA) Pesantren Persatuan Islam (PPI) Bandung telah resmi dibentuk dan dikukuhkan masa jihad 2021-2023 pada Sabtu (29/5/2021). Selanjutnya, IKA PPI akan melakukan Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) untuk membahas program selama tiga tahun kedepan.

Ketua IKA PPI Pajagalan Bandung Deni Saeful Bukhari mengatakan, pengukuhan dan pelantikan pengurus IKA PPI Pajagalan Bandung ini merupakan yang pertama atas dorongan pimpinan pesantren atau Mudir ‘Am.

Menurutnya, para alumni Pesantren Pajagalan telah berupaya sekuat tenaga dalam membentuk ikatan keluarga ini.

“Alhamdulilah hari ini kita bisa melaksanakan pelantikan Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Pajagalan Bandung ini kemudian, kita akan melaksanakan musyawarah kerja,” kata Deni seusai pelantikan di Hotel Savoy Homan Bandung.

Baca Juga:  Kapolri Listyo Sigit Merotasi 18 Jenderal dan Perwira Lain, Ini Daftarnya

Dia menjelaskan, pengurus IKA PPI terdiri dari berbagai angkatan yang sudah terinvetarisil mulai angkatan 1969 hingga 2000 atau sekitar 51 angkatan.

“Kita akan masih terus berupaya untuk betul-betul melengkapi, karena itu belum lengkap ada tahun-tahun sebelum tahun 69 masih ada yang belum kita inventarisir karena sulit menemukan kontak data dan lain-lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Deni mengungkapkan bawa misi IKA PPI kedepannya yakni penguatan internal supaya memudahkan dalam mengadakan pembinaan para alumni. Sehingga, sambung dia, berbagai potensi dari alumni bisa berdayakan.

“Kita kumpulkan, kita sambungkan sehingga kita bisa melahirkan para alumni yang kredibel, yang bagus dan juga selanjutnya alumni betul-betul siap,” ungkapnya.

Selain itu, Deni menyatakan, tujuan lain dari IKA PPI ini adalah untuk lebih memajukan lagi PPI Pajagalan no 1 dan 2 Bandung dengan menyatukan kekuatan di alumni.

Baca Juga:  Golkar Jabar Nyatakan Dedi Mulyadi Siap Maju Pilgub

“Kita bisa betul-betul mensupport pesantren sehingga pesantren kedepan lebih maju lebih baik tidak hanya dari akhlakul karimah tapi juga dalam hal-hal sifatnya fasilitas prasarana,” tuturnya.

Sementara itu, Mudir ‘Am PPI Pajagalan Bandung Dedeng Rosidin berharap, dengan adanya IKA PPI ini bisa menjadikan PPI Pajagalan Bandung 1 dan 2 lebih maju.

“Kami berharap bahwa lembaga ini lebih maju dan dari sanalah (PPI Pajagalan, red) tokoh-tokoh, ulama-ulama yang lahir dari Pesantren Persatuan Islam 1, 2 Pajagalan. kami ingin maju lagi dengan bantuan alumni di samping juga internal pasantren banyak kegiatan-kegiatan yang memajukan pasantren,” ucap Dedeng.

Baca Juga:  Waspada! Lampung Diguncang Gempa, BMKG: Memiliki Pergerakan Sesar Naik

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Pelantikan IKA PPI Pajagalan Bandung Asep Supriyadi menuturkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini telah dirumuskan sejak 25 April 2021 lalu dengan melakukan rapat-rapat secara offline.

Terkait kehadiran peserta di tengah pandemi Covid-19, dia menyatakan bahwa pihaknya telah memberikan surat imbauan sekaligus sosialisasi protokol kesehatan kepada para alumni.

Salah satunya seperti, jumlah alumni yang diundang sekitar 100 dengan rincian 50 pengurus dan 50 undangan.

Hal tersebut dilakukan dengan perwakilan dari angkatan dibatasi satu orang. Tak hanya itu, panitia juga memberikan masker dan hand sanitizer.

“Kita mesti menerapkan protokol kesehatan, salah satunya memberikan imbauan lewat surat. Dan panitia menyediakan masker, handsanitizer dan lainnya,” pungkas Asep. (Red)