Sejarah Observatorium Bosscha Sebagai Tempat Wisata Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Jika Berbicara tentang Bandung memang tidak ada habisnya, apalagi ketika kita membahas mengenai destinasi wisata Bandung yang memiliki banyak ragam wisatanya, seperti Observatorium Bosscha atau Teropong Bintang ini.

Dahulu Tempat wisata Observatorium Bosscha ini dibangun oleh Salah satu perhimpunan Astronomi Hindia-Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereniging (NISV) untuk kepentingan mereka.

Pada Rapat pertama NISV, keluar keputusan untuk mebangun sebuah Observatorium di Indonesia untuk memajukan Ilmu Astronomi Hindia-Belanda. Tetapi belum mempunyai lahan yang cocok untuk mebangun Observatorium tersebut.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Lantik Komjen Idham Azis Sebagai Kapolri

Lalu, seorang bernama Karel Albert Rudolf (K.A.R.) Bosscha, seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar, bersedia menjadi penyandang dana utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang.

Karena Jasanya yang begitu besar dalam pembangunan observatorium ini, maka nama Bosscha diabadikan sebagai nama observatorium ini. Untuk Pembangunan observatorium ini sendiri menghabiskan waktu yang cukup lama, yaitu memakan waktu lebih 5 tahun sejak tahun 1923 sampai dengan tahun 1928.

Baca Juga:  Aura Baru Lewat Perawatan Kecantikan

Publikasi internasional pertama Observatorium Bosscha dilakukan pada tahun 1933. Akan tetapi, kemudian observasi terpaksa dihentikan dikarenakan pada saat itu juga sedang kisruhnya puncak Perang Dunia ke-2.

Setelah perang Dunia Tersebut usai, dilakukan renovasi besar-besaran pada observatorium ini. Hal itu terjadi karena Observatorium Bosscha mengalami kerusakan akibat perang. Hingga akhirnya sampai sekarang observatorium dapat beroperasi dengan normal kembali.

Baca Juga:  Hmmm, Ternyata Ini Kunci Percepat Vaksinasi di Jabar Menurut Uu Ruzhanul Ulum

Kemudian, di tanggal 17 Oktober 1951, NISV menyerahkan observatorium ini ke pemerintah RI. Setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada tahun 1959, Observatorium Bosscha tersebut menjadi bagian dari ITB.

Sungguh menarik bukan Tempat Wisata Bandung Satu ini, jika kalian tertarik mengunjunginya kalian bisa Melewati jalan setiabudi ke arah Lembang, lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai Pusdik Korps Wanita Angkatan Darat. Disana kalian akan menemukan Observatorium Bosscha tersebut. (Mal)