Tak Ingin Motor Kopling Mudah Rusak? Lakukan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Selain motor bebek dan juga motor matic, terdapat motor kopling. Dinamai motor kopling, tentu saja karena jenis motor ini sudah dilengkapi dengan adanya komponen kopling yang dapat diatur penggunaannya sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya ciri motor kopling sendiri terdapat sebuah handle kopling di stang sebelah kiri. Umumnya sepeda motor dengan kopling manual akan dapat mudah kita temui serta dapat pada jenis  motor sport yang lebih identik dengan gaya anak muda jaman sekarang.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara merata motor kopling yakni:

Baca Juga:  Sekda Jabar: Pembangunan Lebih Cepat

Pertama. Ganti Oli Secara Rutin – Hampir sama seperti cara merawat motor matic ataupun motor injeksi, cara merawat motor kopling paling utama yakni selalu rutin mengganti oli mesin. Dimana, penggantian oli mesin motor kopling sendiri disarankan setiap 2.000 kilometer pemakaian.

Jika tidak rutin melakukan penggantian oli mesin, dampak buruknya mesin motor jadi cepat panas atau overheat. Hal tersebut karena oli mesin sendiri akan bekerja sebagai pelumas untuk membuat gesekan antar komponen.

Baca Juga:  Paparkan Program Jabar Juara, Ridwan Kamil Jadi Pembicara Pada Forum UN-Habitat Assembly

Kedua. Rutin Cek Kampas Kopling – Merawat motor kopling agar awet serta tetap nyaman saat dikendarai juga bisa dilakukan dengan cara rutin mengecek kondisi kampas kopling motor kalian. Nah ketika kampas kopling motor mulai menipis atau aus akan banyak menimbulkan masalah.

Terutama ketika kalian ingin menaik turunkan posisi gigi. Adapun salah satu cara terbaik untuk mengecek kondisi kampas kopling yakni pada saat kalian melakukan penggantian oli mesin. Jadi sebelum memasukan oli baru sebaiknya buka bagian kampas kopling.

Baca Juga:  Kota Bogor Catat Rekor, Kasus Positif Covid-19 Capai 562 Orang Dalam Sehari

Ketiga. Bersihkan Kabel Kopling – Cara merawat motor kopling berikutnya dapat dilakukan yakni dengan memeriksa dan membersihkan kabel kopling. Karena hal ini cukup jarang dilakukan para pemilik motor kopling. 

Sebab kebanyakan lebih memilih mengganti dengan kabel kopling baru. Adapun cara membersihkan kabel kopling sendiri cukup mudah dilakukan. Caranya cukup lepas kabel kopling kemudian masukan cairan pembersih atau campuran oli dan juga bensin. (Red)