Tiga Cara Mengatasi Kekenyangan Saat Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan Ramadhan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Puasa sendiri merupakan menahan diri dari makan, minum, jima’ (bercampur dengan istri) dan lain-lain yang telah di perintahkan kepada kita untuk menahannya, sepanjang hari menurut cara yang disyariatkan.

Tentunya hal tersebut membuat kalian merasa kelaparan, dan biasanya tak jarang sebagian orang melampiaskan rasa lapar tersebut dengan berlebihan saat waktu buka puasa. Seperti makan sebanyak-banyaknya, tentunya hal tersebut membuat badan kalain kekenyangan dan sulit beraktivitas.

Baca Juga:  Masalah Covid-19 Belum Selesai, Kini Penyakit DBD Ancam Warga Kota Cimahi

Oleh sebab itu, berikut cara mengatasi kekenyangan saat berbuka puasa. Diantaranya yakni:

Pertama. Minum Air Putih – Saat Perut kalian merasa kekenyangan sangat dianjurkan untuk meminum air putih yang cukup. Hal tersebut akan membantu menyerap lebih cepat makanan di perut.

Selain itu, dengan minum air putih membuat makanan yang menumpuk di perut kita akan terdorong sedikit demi sedikit. Hal itu tentunya membuat pencernaan kita cepat dan membantu membuang air besar.

Baca Juga:  Begini Imbauan Polisi bagi Pemancing di Waduk Jatiluhur dan Cirata

Kedua. Bergerak – Ketika kalian setelah berbuka puasa merasa kekenyangan, tentunya hal tersebut membuat kalian malah bergerak dan hanya ingin tiduran. Namun, seharusnya hal tersebut tidak boleh kalian diamkan.

Justru kalian harus bergerak ringan akan membantu makanan melewati usus lebih cepat serta dapat meringankan rasa mules diperut seketika akibat dari begah karena terlalu banyak makanan.

Baca Juga:  SPN Sepakat Dukung Hasanah

Ketiga. Kentut dan Sendawa – Kentut merupakan langkah baik ketika perut begah, itu akan melegakan perut. Kentut akan membantu mengurangi tekanan internal dan peregangan tidak nyaman di perut. Kentut juga baik saat Anda kekenyangan.

Bersendawa dengan posisi tubuh tegak agar gas naik ke atas perut dan keluar dari kerongkongan. Bersendawa tidak hanya sebagai tanda bahwa Anda sudah kenyang namun juga melegakan perut kalian. (Mal)