Uu Ruzhanul Ulum: Saya Tak Larang Santri Kembali ke Pesantren

JABARNEWS I BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Santri di Jawa Barat yang sebelumnya pulang mudik pada libur Lebaran Idul Fitri 1442 boleh kembali ke pondok pesantren tempat mereka belajar.

“Saya tidak melarang para santri kembali ke pesantren. Tapi tetap harus sesuai dengan prokes,” ujar kang Uu, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga:  BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Capai Satu Juta Meter Kubik Lebih

Menurutnya, kedatangan para santri ke pesantren harus diatur dengan baik agar tidak terjadi kerumunan. Penerapan protokol kesehatan (prokes) harus dilakukan saat para santri datang ke pesantren.

“Para santri yang kembali juga harus dipastikan bebas Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Kota Bandung Capai Rekor Baru, Perketat 5M!

Ia menyebut, sebelum berjalannya KBM tatap muka di pesantren, para santri yang datang juga harus menjalani karantina mandiri dulu untuk memastikan bahwa kondisi kesehatannya betul-betul terbebas dari Covid-19.

“Semua aturan yang sudah ditentukan dalam SK Gubernur Jabar harus dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lima Pelaku Usaha Pariwisata Di Pangandaran Terindikasi Positif Covid-19

Suami dari Lina Ruzhan ini menambahkan, pihak pesantren harus mengecek dan mempersiapkan kembali sarana dan prasarana prokes termasuk satgas internal di pesantren.

“Intinya pemerintah tidak melarang santri kembali ke pesantren, tapi dengan catatat disiplin menerpakan prokes,” kata Uu. (Red)