Waspada, Ini Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Serat

JABARNEWS | BANDUNG – Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya berdasar sebuah penelitian sebagian besar orang hanya mengonsumsi 15 gram serat per hari dari yang seharusnya 40 gram.

Kurangnya serat ini tentu bisa menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan tubuhmu. Tubuh yang kekurangan serat ini juga bakal menimbulkan tanda-tanda tertentu yang bisa kamu ketahui.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa dampak yang bisa terjadi akibat tubuh kekurangan serat yakni:

Baca Juga:  Tips Sukses Berinvestasi Ala Serial Drama Korea

Pertama. Sulit Buang Air Besar – Dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh kita akibat kekurangan serat yang pertama yakni kalian akan merasakan kesulitan buang air besar.

Kekurangan serat mampu membuat sistem pencernaan kamu bergerak dengan lambat. Oleh karena itu sembelit kronis bisa terjadi pada tubuh kamu yang kekurangan serat khususnya serat larut yang mampu mendorong pergerakan usus.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Akan Potong Alokasi Anggaran Badan Publik Yang Tidak Informatif

Kedua. Meningkatnya Kolesterol – Kekurangan serat pada tubuh bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, serat sendiri mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa tingginya serat dikaitkan dengan menurunnya kolesterol total dan LDL hingga 60-70 persen.

Baca Juga:  KPU Jabar Sasar Kalangan Santri Pada Sosialisasi Pilgub Jabar

Ketiga. Selalu Merasa Lapar – Dampak buruk selanjutnya yang akan terjadi akibat kekurangan serat yakni kalian akan merasa selalu lapar. Hal tersebut terjadi karena serat bisa membuat kalian merasa kenyang.

Manfaat serat yang membuat perut kenyang lebih lama menyebabkan kamu tak mudah lapar. Sedangkan ketika kamu kekurangan mengkonsumsi serat maka perut akan mudah merasa lapar. (Red)