Yossi-Aries Janji Atasi Masalah Sampah Di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna berjanji akan mengatasi masalah persampahan di Kota Bandung. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas teknologi persampahan.

Calon Wakil Walikota Bandung, Aries Supriatna, mengatakan, persoalan pengelolaan sampah sudah menjadi masalah lama yang dihadapi masyarakat perkotaan, termasuk Kota Bandung. Namun demikian, untuk mengatasinya tidak bisa hanya mengandalkan tangan pemerintah.

“Untuk jangka panjang, pengelolaan sampah harus melibatkan dan memberdayakan masyarakat dan dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga,” kata Aries, kepada wartawan, saat kampanye di Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Kamis (15/3/2018).

Baca Juga:  Kapolda Sumut Sebut Pelaku Pembunuhan Jurnalis di Simalungun Sudah Diamankan

Menurutnya, setiap keluarga di Kota Bandung harus terus diedukasi tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Salah satu upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan mengelola sampah.

Diungkapkannya, pengelolaan sampah memiliki arti luas, di antaranya pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, daur ulang, hingga pembuangan sampah. Menurutnya, sampah harus dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau estetika.

Setiap rumah atau keluarga, ujarnya, harus mulai memisahkan mana sampah organik, mana sampah non organik seperti plastik dan mana sampah berbahaya. Sampah-sampah yang sudah dipilah itu kemudian dikumpulkan oleh petugas RT dan RW di sebuah tempat yang disebut bank sampah.

“Nanti sampah seperti plastik kan bisa dijual karena memiliki nilai ekonomis. Uang hasil sampah itu bisa digunakan untuk keperluan RT dan RW. Konsep ini berhasil dan sudah banyak diterapkan di beberapa daerah,” tutur Aries.

Baca Juga:  Limbah Kayu Bisa Diolah Dan Menghasilkan Uang

Sedangkan sampah organik bisa dimanfaatkan dan didaur ulang menjadi biogas dan pupuk kompos yang juga memiliki nilai ekonomis tinggi. Sampah plastik juga bisa didaur ulang menjadi biji plastik.

Bila pasangan yang dikenal dengan jargon Bandung Hebring itu terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Bandung, Aries berjanji akan memfasilitasi teknologi yang ramah lingkungan dan pelatihan bagi warga untuk memproses sampah organik tersebut.

“Kalau masyarakat ikut mengelola sampah dan memanfaatkannya, saya yakin produksi sampah yang dibuang ke TPA (tempat pembuangan akhir) akan menurun signifikan. Dengan begitu kita ikut membantu pemerintah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Bandung Raya 20 Agustus 2018

Di samping itu, kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan juga harus menjadi budaya dan kebiasaan seluruh warga Kota Bandung. Aries berharap tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan apalagi dengan membuang sampah ke sungai.

“Denda (bagi pembuang sampah) saja tidak cukup. Yang terpenting kita terus edukasi warga supaya tumbuh budaya baru untuk mengelola sampah sendiri dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Aries. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat