Bagi Kalian Pengguna Mobil Matic, Perhatikan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Mitos bahwa merawat mobil bertransmisi otomatis itu sulit, sama sekali tidak terbukti. Merawat mobil matic sebenarnya sangat mudah. Perawatan yang baik tentu akan mendukung mobil matic Anda agar performanya selalu terjaga.

Maintenance atau perawatan terhadap mobil matic, khususnya pada bagian mesin, memang bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi tapi memahami secara pribadi. Dengan mengetahui cara merawat mobil matic akan sangat membantu Anda dalam memahami hal yang perlu Anda lakukan agar mobil matic Anda tetap awet.

Ada beberapa cara merawat mobil matic yang dapat Anda lakukan dalam pemakaian sehari-hari adalah dalam menggunakan dan mengendarai mobil matic Anda, karena cara pemakaian Anda sehari-hari akan sangat menentukan kondisi mesin pada mobil matic Anda.

Baca Juga:  Sebelum Disahkan, Ini Sejumlah Catatan untuk APBD Jabar Tahun Anggaran 2022

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat mobil matic:

1. Panaskan mobil setiap hari – Hal seperti ini mungkin terlihat sepele. Tapi memanaskan mobil secara rutin juga sangat dianjurkan. Sebab, mobil matic yang setiap harinya dipanaskan akan membuat mesinnya tetap prima, sehingga tidak mudah mengalami masalah.

2. Penggunaan persneling yang tepat sesuai kondisi – Penggunaan persneling atau transmisi yang tepat, juga disebut sebagai salah satu cara merawat mobil matic yang benar. Misalnya, saat mobil sedang di parkir. Sebaiknya, gunakan persneling “P” alias parking, dan jangan sekali-kali memindahkannya ke mode transmisi “D” atau drive, lalu mematikan kendaraan secara paksa.

Baca Juga:  Sambut HUT Armed ke-76, Pussenarmed Kodiklat TNI AD Gelar Gerak Jalan Bersama

3. Servis mobil tepat waktu – Untuk cara merawat mobil matic yang satu ini, sebenarnya setiap pemilik pasti sudah paham. Dengan begitu mobil bakal tetap dalam kondisi bagus, dan otomatis mesinnya juga tidak mudah bermasalah.

4. Rutin mengganti oli transmisi – Kunci utama dari cara merawat mobil matic yang benar bisa dibilang terletak pada sistem transmisinya. Apalagi setelah kita tahu jika transmisi sangat rentan mengalami kerusakan. Oleh karenanya, pada bagian ini kamu benar-benar harus memperhatikan perawatannya. Salah satu kiat yang tidak boleh diabaikan adalah pergantian oli transmisi.

Baca Juga:  DPRD Jabar Tindaklajuti 13 Raperda Usulan Gubernur

5. Peka terhadap kondisi mobil – Setiap pemilik mobil pasti secara tak langsung sudah memiliki ikatan antara dirinya dengan kendaraan yang dimiliki. Hal inilah yang akhirnya membuat ia sadar jika ada sesuatu yang tak wajar dengan mobilnya, baik itu kerusakan kecil maupun besar.Bukan hanya bisa dirasakan, mesin mobil atau komponen lainnya yang mengalami kerusakan juga biasanya sangat nyata terlihat.

Penulis: Muhammad Amaludin