Merdeka Belajar, Para Siswa di Ujung Barat Purwakarta Diajarkan Soal Ini

Merdeka Belajar
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di ujung barat Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok SMPN Satap 2 Parungbanteng).

Dalam kegiatan itu, lanjut dia, siswa diajak untuk menjelajahi keindahan alam khas ujung barat Kabupaten Purwakarta melalui kegiatan berwisata.

“Mereka diajak mengelilingi Cibodas, Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Para siswa kami ajak untuk menikmati pemandangan pegunungan yang memukau, air terjun yang indah, serta hutan yang rimbun. Selama perjalanan, siswa diberikan penjelasan mengenai keanekaragaman hayati dan pentingnya menjaga kelestarian alam,” jelasnya

Baca Juga:  Yana Mulyana Ingatkan Warga Kota Bandung Soal Antisipasi Bencana Sejak Dini

Selain itu, Kata Kang Ipin, para siswa juga diberikan pelatihan kepemimpinan, di mana mereka diajarkan tentang keterampilan komunikasi, kerja tim, pengambilan keputusan, dan manajemen waktu.

Baca Juga:  Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta Bakal kembali Dibuka, Ini Cara Dapatkan Tiket Gratisnya

“Melalui kegiatan-kegiatan simulasi dan permainan, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka,” ucap aktifis pencinta alam itu.

Melalui latihan ini, Kang Ipin Berharap, para siswa akan menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, peka terhadap budaya dan alam sekitar, serta mampu bekerja sama dalam tim.

Baca Juga:  Dramatis! Evakuasi Tujuh Orang Warga Terjebak Lahar Dingin Gunung Semeru