Merdeka Belajar, Para Siswa di Ujung Barat Purwakarta Diajarkan Soal Ini

Merdeka Belajar
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di ujung barat Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok SMPN Satap 2 Parungbanteng).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bagian dari upaya untuk mengenalkan potensi dan kekayaan budaya, makanan khas, dan keindahan alam sejak dini, SMPN Satap 2 Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta gelar kegaitan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.

Di sekolah yang berada di ujung barat Kabupaten Purwakarta itu, para siswa dikenalkan terhadap budaya lembur, seperti tarian tradisional, musik, seni rupa, dan kegiatan-kegiatan budaya lainnya yang merupakan bagian dari identitas lembur.

Baca Juga:  Inilah Keunikan Gigi yang Belum Banyak Diketahui

Selain itu, mereka juga diberikan pengetahuan tentang makanan khas lembur yang terkenal dengan cita rasa lezat dan alami.

Kepala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Mokhamad Aripin menjelaskan bahwa latihan ini sejalan dengan filosofi Kihajar Dewantara, pendiri Perguruan Taman Siswa, yang mengajarkan pendidikan sesuai dengan kodrat diri, kodrat alam, dan kodrat zamannya.

Baca Juga:  CJH Purwakarta Akan Jalani Manasik Haji Sebanyak 8 Kali

“Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan di luar kelas seperti ini, diharapkan mereka dapat memahami dan mengapresiasi warisan budaya serta keindahan alam yang ada di sekitar mereka,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, pada Senin, 5 Februari 2024.

Baca Juga:  Dua Bulan Buron, Pelaku Pembacokan di Purwakarta Akhirnya Diringkus Polisi