Penjualan Sapi Qurban di Majalengka Capai Rp 1 Miliar

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sembilan hari menjelang Idul Adha (Idul Qurban) pada 10 Dzulqoidah atau 11 Agustus 2019 mendatang, ‎penjualan hewan ternak sembelihan khususnya sapi, omsetnya telah mencapai 1 milyar.

Hal ini diakui oleh peternak asal Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, ‎Sadikin. Ia mengatakan bahwa sudah dua pekan ini pihaknya terus menerima orderan penjualan sapi. Bahkan, dalam sehari ia pernah mendapatkan pembelian hingga 10 ekor sapi.

“Alhamdulillah, menjelang qurban penjualan meningkat. Mungkin sedang bagus, omsetnya kurang tau pasti, tapi dihitung-hitung sudah mencapai 1 M (miliar),” ujarnya, Jumat (2/8/2019).

Sadikin mengatakan, pembelinya berasal dari berbagai wilayah bukan hanya asal Kabupaten Majalengka saja. Bahkan, dari wilayah Tangerang juga ada yang memesan dan membeli di peternakannya.

“Pembeli ada yang dari Tangerang. Beberapa wilayah lain juga ada yang beli ke sini, seperti dari wilayah Cirebon‎ dan sekitarnya,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwasanya untuk harga satu ekor sapi itu bervariatif. Tergantung jenis dan bobotnya. Sementara ia sendiri memelihara dan merawat ternak jenis sapi Sirole, Simetal dan PO.

“Sapi termurah satu ekornya itu harganya Rp. 16 juta. Sementara yang termahal ada yang mencapai 55 juta dengan bobot satu ton,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu penjual hewan kambing, Lukman mengatakan saat ini penjualan kambing maupun domba sedang banyak pesanan. Untuk per-ekornya, harga kambing bervariatif yakni antara 1,8 hingga 2,5 juta.

“Setiap menjelang Idul Adha, peternak sapi, kambing dan domba memang sedang panen keuntungan.” ungkapnya. ‎(Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat