Sensasi Petik Daun Teh di Desa Wisata Taraju Tasikmalaya

JABARNEWS │ TASIKMALAYADesa Wisata Taraju terletak di sisi barat Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Kaum Kaler No. 01, Taraju. Desa ini memiliki wilayah seluas 543,2 hektare yang menawarkan berbagai keindahan alam, seperti hamparan sawah, sungai dan air terjun, dan juga kebun teh.

Baca Juga:  VIDEO: Adu Harga Emas Jamaah Haji Mira Hayati vs Suarnati

Bagiamana asal muasal Desa Wisata Taraju ini?

Pada jaman dahulu, yaitu sebelum tahun 1902, Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diketahui masih bernama Nanggerang. Des aini kemudian berubah nama menjadi Taraju. Salah satu alasannya, karena masyarakat Nanggerang pada waktu itu menginduk pada kebudayaan Islam Gunung Taraju.

Baca Juga:  Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat Pada Sore hingga Malam Hari

Secara etimologis, Taraju mengandung arti timbangan emas. Namun makna yang sebenarnya adalah sebuah sikap yang adil dan bijaksana, sehingga ada pribahasa karuhun “Bobot Pangayon Timbang Taraju”.

Desa Taraju pada saat itu memiliki luas ± 2.475,529 hektare. Namun tahun 1979 saat kepemimpinan Lurah Ili, Desa Taraju mengalami pemekaran menjadi dua wilayah, yaitu Desa Taraju dan Desa Singasari. Kemudian pada tahun 1983 saat kepemimpinan Lurah H Isak Koswara, Desa Taraju dimekarkan kembali menjadi dua wilayah, yaitu Desa Taraju dan Desa Banyuasih.

Baca Juga:  Kabiro Kesra Jabar Klaim Bantuan Satu Triliun untuk Nahdliyin Diketahui DPRD

Penasaran dengan keindahan alam Desa Tajaru? Anda bisa menyaksikannya melalui JMN Channel. (red)