Pemulihan Pasca Covid-19, PLN Bukukan Laba Bersih Rp14,4 Triliun pada 2022

PLN
Ilustrasi PLN. Warga sedang mengisi token listrik. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) mampu membukukan laba bersih Rp14,4 Triliun pada tahun 2022, di tengah pemulihan pascapandemi Covid-19.

Raihan ini merupakan buah dari transformasi tata kelola keuangan yang prudent, akuntabel, efektif dan efisien serta pelayanan pelanggan yang semakin mudah dan cepat.

Baca Juga:  Komisi VII DPR RI Dorong PLN Mulai Pembangunan Gardu Induk Tanggeung Cianjur

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa melalui berbagai program inovatif seperti cash war room, spend control tower, centralized payment, dan centralized planning, PLN menciptakan visibilitas yang tinggi sekaligus menjaga efisiensi di titik paling optimal. Sehingga mampu memastikan finansial perusahaan menjadi lebih sehat dan sustain.

Baca Juga:  PLN Ungguli Perusahaan Energi se-Asia, Borong Lima Penghargaan

“Melalui strategi proactive debt management, kami mempercepat pembayaran pokok utang bahkan sebelum jatuh tempo,” kata Darmawan dalam keterangan yamg diterima, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga:  Butuh Perhatian! Seniman Wayang Golek di Cianjur Kini Terbaring Sakit

Inisiatif tersebut mampu mengurangi beban bunga dan keuangan sebesar Rp10 triliun dalam dua tahun terakhir. Dari yang awalnya sebesar Rp27 triliun di 2020, menjadi Rp20 triliun di 2021 dan kembali turun menjadi Rp17 triliun di 2022.