Festival Saung Rahayat : Ajang Kumpul Online UMKM Kuningan Binaan Universitas Prasetiya Mulya

Festival Saung Rahayat. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | KUNINGAN – Universitas Prasetiya Mulya didukung Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Kuningan berhasil menggelar Festival Saung Rahayat pada Sabtu (18/6/2022). Meski dilakukan secara daring, Festival Saung Rahayat tetap mengundang ketertarikan dan dihadiri oleh ratusan UMKM.

Festival Saung Rahayat merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Universitas Prasetiya Mulya sebagai penutup program KKN mahasiswa bertajuk Program Community Development.

Sebagai pembukaan, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki yang berhalangan hadir, tetap memberikan video sambutannya sebagai ucapan apresiasi atas usaha Universitas Prasetiya Mulya dalam mendampingi UMKM. Karena bagaimanapun, masih banyak kendala-kendala yang dihadapi oleh UMKM dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Masyarakat Jangan Terlalu Khawatir Soal Omicron, Kenapa?

“Kreativitas dan inovasi menjadi pondasi masa depan UMKM berkelanjutan. Tetapi inovasi tidak selalu datang dengan mudah. Saat ini inovasi wirausaha di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lainnya. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah kolaborasi Perguruan Tinggi dan UMKM. Universitas dianggap dapat membantu UMKM mengembangkan produknya serta manajemen usaha yang baik,” katanya.

“Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Pemerintah melakukan sinergitas program dengan berbagai pihak, salah satunya adalah dengan akademisi. Melalui kerjasama ini, pemerintah dapat bersinergi dalam pemberdayaan dan pengembangan UMKM,” tambah Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, U Kusmana.

Bagikan: