Panen Raya di Purwakarta Produksi 50 Ribu Ton Beras

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam acara panen padi di Desa Cirende, Kecamatan Campaka, Jumat (2/9/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, puncak panen terjadi di bulan Juli dan Agustus dengan luas panen total mendekati 12 ribu hektar yang menghasilkan produksi 80 ribu ton gabah kering giling atau setara dengan 50 ribu ton beras.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Minta PJT II Kaji Kembali Kenaikan Biaya BJPSDA

Jumlah tersebut, lanjut dia, cukup untuk stok kebutuhan pangan di Kabupaten Purwakarta selama 5,5 bulan.

“Sebagai bentuk sinergitas, panen raya ini digelar bersama warga dan para petani yang tergabung dalam Gapoktan Sirna Sari serta para penyuluh pertanian dari Dispangtan Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne dalam acara panen padi di Desa Cirende, Kecamatan Campaka, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga:  Sate Maranggi Ajiiib Tambah Daftar Kuliner di Purwakarta

Adapun luas lahan pertanian yang dipanen pada hari ini seluas 23 hektar dengan varietas padi Inpari 32 dengan angka produktivitas sebanyak 7,3 ton gabah kering giling per hektar.

Baca Juga:  Bank bjb Ikut Tawarkan ST010, Ada Cashback Menarik bagi Investor

“Selain varietas Inpari 32 ada juga varietas Ciherang dan Cisadane. Dengan musim panen kali ini, budidaya budidaya tanaman padi dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, khususnya di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.