Panen Raya di Purwakarta Produksi 50 Ribu Ton Beras

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam acara panen padi di Desa Cirende, Kecamatan Campaka, Jumat (2/9/2022). (Foto: Istimewa).

Namun, jika diperhatikan dengan data laporan dampak serangan OPT pertanaman padi sebagian besar masuk kategori ringan seperti data serangan wereng batang coklat (WBC) periode laporan OPT Juli 2022 adalah seluas 11 hektar atau 0,076 persen dari luas standing crop padi.

Baca Juga:  Propam Polri Lakukan Pemeriksaan Anggota Polres Purwakarta, Ini Tujuannya

Serangan tersebut telah diperkirakan dan diantisipasi sejak dini di awal musim tanam gadu memperhatikan peringatan dini BMKG mengenai pola musim yang cenderung kemarau basah.

“Langkah-langkah pengamatan populasi OPT, ambang batas ekologi OPT, hingga pengendalian hayati maupun kimiawi secara cepat dan tepat, telah pula dilakukan sejak awal pertanaman. Upaya tersebut berhasil menyelamatkan pertanaman padi dapat dipanen dan berhasil menekan kehilangan hasil produksi akibat serangan OPT,” kata Midan.

Baca Juga:  Cycling De Jabar 2023, Momentum bank bjb Dorong Potensi Perekonomian di Jabar Selatan

Sementara, berkaitan dengan Perlindungan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), kata dia telah diberikan kepada para petani yang lahannya rentan serangan OPT maupun rawan kekeringan, sehingga jika terjadi gagal panen akan mendapatkan penggantian dari asuransi.

Baca Juga:  Pondok Modern Darussalam Muhammdiyah Dibangun di Purwakarta

Artinya, jika terjadi gagal panen, petani dibantu pembayaran premi AUTP dari APBN dan APBD Kabupaten Purwakarta untuk melindungi pertanaman padi milik petani. (Red)