Waspada, Hoaks Klaim Dukungan Politik Saat Pemilu!

Foto thumbnail video yang menggambarkan Ganjar Pranowo sedang menandatangani dokumen adalah hasil editan (Foto: Channel YouTube Topik News)

Berdasarkan penelusuran Jabarnews.com, foto thumbnail video tersebut merupakan hasil editan yang menggambarkan sosok seperti Ganjar Pranowo sedang menandatangani sebuah dokumen didampingi beberapa petinggi PDIP serta diberi keterangan  DI SAKSIKAN PARA ELIT PDIP GANJAR TANDATANGANI TIKET CAPRES 2024.

Setelah ditelusuri, foto thumbnail video yang digunakan adalah hasil editan dari foto yang diunggah portal berita BBC Indonesia dalam artikel yang berjudul “Pencalonan Ahok oleh PDI Perjuangan dinilai realistis”, yang dipublikasi  Rabu, 21 September 2019 .

Baca Juga:  Ini Langkah Bey Machmudin dalam Antisipasi Potensi Bencana saat Pemilu 2024

Pada foto asli, sosok yang sedang menandatangani dokumen adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2017.

Baca Juga:  Ini Nomor Urut Capres-Cawapres di Pemilu 2024, Jagoan Kalian Siapa?

Sementara, dalam youtube yang menarasikan Ganjar maju sebagai Capres 2024 dari PDI-P, bagian kepala Ahok, diedit menjadi kepala Ganjar Pranowo. Dalam narasi video, sama sekali tidak memuat informasi yang menyebutkan PDI-P resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

Baca Juga:  Hadapi Pemilu 2024, Kapolres Purwakarta Datangi Ulama dan Tokoh Masyarakat

Narator hanya membacakan isi artikel dari laman Tribun Timur yang berjudul “Relawan Yakin Megawati Dukung Ganjar Pranowo Maju Capres 2024 di HUT ke-50 PDIP”, yang dipublikasi pada Senin, 9 Januari 2023.