Waspada, Hoaks Klaim Dukungan Politik Saat Pemilu!

Foto thumbnail video yang menggambarkan Ganjar Pranowo sedang menandatangani dokumen adalah hasil editan (Foto: Channel YouTube Topik News)

Beredar melalui YouTube dan seolah berbentuk video berita

Pada 28 Februari 2023 beredar video hoaks di Channel YouTube LIDAH RAKYAT yang menarasikan Presiden Joko Widodo merestui Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024. Video berdurasi 8 menit 12 detik ini berjudul: Tak DisangkaHadiri Acara Akbar Pks, Anies Dapat Restu Langsung dari Jokowi Untuk 2024‼️Viral News~.

Penelusuran Jabarnews.com, foto thumbnail video tersebut merupakan hasil editan yang menambahkan foto Presiden Joko Widodo. Foto Anies Baswedan tersebut diambil dari Detik.com yang berjudul  “PKS Ingin Deklarasi Koalisi Pro Anies Sebelum Ramadhan, Siapa Cawapresnya?”.

Baca Juga:  Akun Instagram DPKP Kota Bandung Tawarkan Give Away Tebus Murah, Ini Faktanya
Foto thumbnail video ini adalah hasil editan oleh pihak yang tak bertanggung jawab yang diunggah di YouTube (Foto: Channel YouTube LIDAH RAKYAT)

Dalam foto aslinya, tidak ada sosok Presiden Joko Widodo. Kemudian narasi dalam video hoaks hanya membacakan artikel dari laman situs berita Suara.com berjudul “Restu Joko Widodo Dukung Anies Baswedan Maju Capres 2024 Disela Rakernas PKS”, yang dipublikasi 26 Februari 2023.

Baca Juga:  Partai Demokrat Dipaksa Terima Pasangan Anies Baswedan-Cak Imin, AHY Dikhianati?

Kesimpulannya, video Presiden Jokowi dukung bakal capres Anies Baswedan di Pemilu 2024 yang akan datang adalah keliru. Faktanya, Joko Widodo yang dimaksud dalam video bukanlah Presiden RI, tetapi kader PKS yang kebetulan bernama Joko Widodo.

Baca Juga:  Gawat, Pelaksanaan Pemilu 2024 di Lima Kabupaten Ini Terancam Ditunda

Keterangan thumbnail dan narasinya berbeda

Hoaks klaim dukungan Capres pun pernah muncul pada 15 Februari 2023 yang diunggah oleh akun YouTube Pusaka NKRI. Pada konten video hoaks yang diunggah akun tersebut menarasikan klaim dukungan Megawati telah resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.