Ridwan Kamil Yakin Dunia Pariwisata di Kabupaten Sukabumi Akan Semakin Mendunia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil, optimistis bahwa pariwisata di Kabupaten Sukabumi bisa menjadi yang terbaik dan terbesar di Jabar bahkan bisa mendunia.

“Kabupaten Sukabumi memiliki segudang objek wisata alam yang mumpuni, ditambah keberadaan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu (UGCCP) yang tidak semua daerah bahkan negara mempunyainya dan tentunya harus dijaga keberadaannya, karena kami yakin dunia pariwisata di Kabupaten Sukabumi akan semakin mendunia,” kata Kang Emil di Sukabumi, Kamis 11 Februari 2022.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Belum Ada Transmisi Lokal Omicron, Tapi 20 Warga Jabar Terdeteksi

Menurut Kang Emil, objek wisata UGGCP ini sudah bertaraf internasional dan sudah mendapatkan pengakuan badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yakni Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (Unesco), sehingga tentunya gelar Global Geopark ini harus dipertahankan.

Baca Juga:  Akhir Pekan Ini Wisata di Tasikmalaya Ditutup, Pedagang Kecil Bingung

Dalam mempertahankan gelar tersebut seluruh elemen harus terlibat tidak hanya pemerintah (Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi) saja, tetapi masyarakat, komunitas dan lembaga lainnya pun harus ikut menjaga kelestariannya dari kerusakan serta keberadaan UGGCP ini pun harus bisa menjadi mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Maka dari itu, sebagai komitmen kepada Unesco Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi saat ini tengah melakukan penyempurnaan seperti penataan dan perbaikan berbagai fasilitas sehingga gelar Global Geopark tetap tersemat di objek wisata kebanggaan Kabupaten Sukabumi ini. Lanjut dia, Unesco pun memberikan tenggat waktu untuk melengkapi berbagai persyaratan maka dari revitalisasi pun secara berkelanjutan dilakukan pihaknya untuk mempertahankan gelar Unesco Global Geopark karena setiap sertifikasi ada jangka waktunya.

Baca Juga:  Kampung Langlayangan Kawilang Gedé Aya di Cihampelas