9 Cara ! Atasi Batuk dan Pilek Pada Anak Secara Alami 

 

JABARNEWS | Batuk pilek adalah jenis penyakit yang kerap dianggap ringan namun mudah menyerang tubuh anak – anak, terutama saat musim hujan. Penyakit ini juga lebih sering dialami oleh anak yang memiliki riwayat alergi.

Namun kini, Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak konsultasi dokter online secara mudah di KlikDokter.com. Selain itu juga, ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan dirumah.

Nah, berikut ini ada 9 cara mengatasi batuk pilek anak secara alami yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah:

1. Jahe

Untuk menerapkan cara alami ini, Anda perlu siapkan jahe seruas, air 4 cangkir, dan gula aren secukupnya. Cara membuat ramuannya mudah, tinggal kupas jahe dan cuci bersih, lalu potong kecil. Setelah itu, masukkan potongan jahe ke dalam wadah yang sudah berisi air 4 cangkir.

Selanjutnya, rebus campuran dengan wadah tertutup sekitar 15 menit. Setelah ramuan dingin, saring kemudian tambahkan gula aren secukupnya dan aduk merata. Ramuan minuman jahe sudah siap diberikan pada anak.

Untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun, Anda bisa memberikan ramuan dua kali sehari sebanyak satu cangkir. Sementara untuk anak berusia 6 hingga 12 tahun bisa diberikan ramuan 2 kali sehari sebanyak 2 cangkir.

2. Bawang Merah

Cara alami mengatasi batuk dan pilek pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Caranya, Anda cukup siapkan 2 hingga 3 siung bawang merah, 4 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan garam dapur, dan 3 tetes minyak kayu putih.

Baca Juga:  SIM Keliling Purwakarta Jumat 26 Mei 2023 Ada Disini

Setelah semua bahan siap, campurkan menjadi satu dalam sebuah wadah yang bersih dan aduk merata. Setelah itu, oleskan ramuan pada bagian telapak kaki, punggung, dan dada anak, terutama menjelang tidur.

3. Kunyit

Ramuan herbal dari kunyit menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi batuk pilek yang paling legendaris, baik untuk orang dewasa ataupun bayi. Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan senyawa utama rempah yang bisa meningkatkan respon antibodi untuk menangkal kuman atau virus penyebab batuk pilek.

Ada berbagai cara memanfaatkan kunyit untuk mengatasi batuk pilek pada anak seperti misalnya dengan menambahkan kunyit ke dalam susu hangat atau mencampurkannya ke dalam minuman air hangat.

4. Jus Wortel

Tanaman herbal lainnya yang bisa menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi batuk pilek pada anak adalah wortel. Terdapat kandungan nutrisi dan vitamin penting didalam wortel yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara memanfaatkan wortel untuk meredakan batuk pilek juga cukup beragam. Jika anak Anda bayi yang sudah mengenal makanan padat, maka Anda bisa mengukusnya kemudian menghaluskannya lalu diencerkan dengan air suhu ruangan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Sementara untuk anak yang sudah lebih besar, Anda bisa menjadikannya jus wortel enak dan segar.

Baca Juga:  Bermodalkan Pistol Mainan, Pelaku Curanmor Beraksi di Purwakarta

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Untuk Obat Pilek Anak Secara Alami

Saat anak terserang batuk pilek, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan hariannya. Hal ini penting karena air yang cukup bisa membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga jalan napas tetap lembap.

Sebaiknya, Si Kecil diberi asupan cairan sebanyak 0,23 liter per tahun usia. Sebagai contoh, untuk anak berusia 2 tahun, mereka membutuhkan cairan hingga sekitar 0,46 liter. Cairan tersebut bisa didapatkan dari Air Susu Ibu (ASI), susu formula, atau cairan dari MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Selain itu, adanya tambahan asupan cairan juga menjadi lebih penting saat Si Kecil menolak minum susu dan tidak nafsu makan. Karena itu, usahakan sebisa mungkin agar anak rutin minum tiap 1 atau 2 jam sekali.

6. Memberikan Makanan Berkuah

Cara alami selanjutnya untuk membantu meredakan batuk pilek pada anak adalah dengan memberikan makanan berkuah. Contoh makanan berkuah disini seperti sup kaldu ayam yang bisa membantu memberikan tambahan asupan cairan dan nutrisi pada anak. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral.

Mengkonsumsi sup kaldu ayam yang hangat akan memberikan efek melegakan pada tenggorokan dan saluran napas yang terganggu ketika batuk pilek.

Baca Juga:  Dinkes Jabar Gunakan Skema ABCDE untuk Atasi HIV/AIDS, Apa Itu?

7. Tinggikan Posisi Kepala Anak Saat Tidur

Agar saluran napas anak lebih terbuka dan bisa tidur lebih nyaman, Anda bisa atur posisi kepalanya dengan tepat. Anda bisa tinggikan kepala anak dengan menggunakan bantal tambahan.

Meski demikian, Anda harus pastikan posisi bantalnya tidak terlalu tinggi dan sesuaikan dengan kenyamanan anak.

8. Menggunakan Minyak Esensial Untuk Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak

Beberapa produk minyak esensial juga diketahui berpotensi efektif mampu melegakan saluran napas yang tersumbat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan humidifier di kamar tidur Si Kecil untuk menambah kelembapan udara. Hal itu berfungsi untuk mengencerkan lendir, sehingga bisa membantu anak bernapas lebih mudah.

9. Memberikan Pijatan

Cara alami selanjutnya untuk mengtasi batuk pilek pada anak adalah dengan memberikan pijatan. Anda bisa oleskan balsam atau minyak kayu putih untuk membantu menghangatkan tubuh anak saat dipijat. Selanjutnya, berikan pijatan terutama di bagian dada, punggung, telapak tangan, dan dibawah kaki.

Namun, Anda perlu perhatikan tekanan saat memijat agar tidak menganggu kenyamanannya. Setelah selesai memijat, Anda juga bisa memberikan beberapa tetes minyak kayu putih ke bantal anak. Nantinya, uap minyak kayu putih akan membantu melegakan pernapasan anak. ***