Amankan Stok Darah Selama Ramadan, PMI Kota Bandung Buka Layanan Donor Darah 24 Jam

Aksi donor darah yang dilakukan emak-emak di Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung membuka layanan donor darah 24 jam selama bulan Ramadan. Sebab saat ini stok darah di PMI Kota Bandung terbatas.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung, Uke Muktimanah mengatakan, stok darah di PMI Kota Bandung saat ini hanya mampu mencukupi untuk kebutuhan harian. Sedangkan amannya, stok darah semestinya aman untuk 4 hari kedepan.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Penjualan Obat Terlarang Berkedok Konter Handphone di Bungursari Purwakarta

Lanjutnya, saat ini stok darah sekitar 300-400 labu perharinya. Seharusnya bisa mencapai 1.500-2.000 labu idealnya agar kebutuhan darah di Kota Bandung bisa aman tercukupi.

Baca Juga:  Informasi Jadwal Azan Magrib Hari Ke-17 Untuk Wilayah Kabupaten Purwakarta

“Kami hanya mampu memperoleh donor darah sekitar 300 sampai 400 labu. Dan jumlah itu hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan harian. Itu (donor) pun didapatkan bukan dari seluruhnya donor sukarela, melainkan donor keluarga yang didapatkan dari imbauan rumah sakit,” ujarnya, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga:  OJK Tasikmalaya Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Ia menerangkan momen bulan Ramadan ini dimanfaatkan PMI mengajak masyarakat untuk donor darah. Salah satunya dengan membuka layanan donor darah selama 24 jam.