Berpuasa Bagi Ibu Hamil, Ini Kata Dokter Yasmin Spesialis Kandungan di Cirebon

Ilustrasi - Ibu hamil. (Pixabay/Egor105)

JABARNEWS | CIREBON – Berpuasa di bulan suci ramadan merupakan salah satu kewajiban umat bagi muslim di dunia. Namun, bagi ibu hamil, diperbolehkan untuk berpuasa dan tidak berpuasa.

Ibu yang tengah mengandung sang buah hati, mendapatkan keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan, jika kondisi tubuh ibu hamil sedang tidak sehat. Namun, sebaliknya, jika kondisi tubuh ibu hamil sehat, dan janin yang dikandungnya dalam kondisi sehat, diperbolehkan untuk berpuasa.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto yang Lagi Hits di Instagram Teratas

“Berpuasa pada wanita hamil aman, tapi tidak boleh dipaksakan. Hamil merupakan kondisi yang spesial, ada janin yang harus diperhatikan perkembangannya, “kata dr. Yasmin Dermawan, Spesialis Obstetri dan Ginekologi Kebidanan dan Kandungan di Kota Cirebon. Sabtu (08/04/2023)

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah dan Salat Wilayah Purwakarta, Subang, Karawang Rabu 19 April 2023

Namun. Memang, lanjut Dokter Yasmin, memang ada beberapa kondisi dimana dokter tidak menyarankan ibu hamil untuk berpuasa. Karena kondisi berat badan bayi kurang, sehingga akan membahayakan janin itu sendiri.

Baca Juga:  Jalan Penghubung Provinsi Banten-Jabar Terputus Akibat Longsor

“Jika ibu hamil ingin berpuasa, lebih baik memastikan kondisi kandungan terlebih dulu ke dokter spesialis kandungan. Agar mengetahui kondisi janin bayi, berpengaruh atau tidak, bagi janin jika ibu hamil berpuasa, “katanya.