Awas! BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Rob di Pesisir Pantai Selatan Jabar-DIY

Ilustrasi banjir rob. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya rob atau banjir air pasang laut di pesisir selatan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, pantai selatan yang dimaksud yakni meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga:  BMKG, Prakiraan Cuaca di Bandung Raya Jumat 17 Maret 2023

“Fase bulan purnama yang bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian air pasang laut yang lebih signifikan,” kata Teguh di Cilacap, Jateng, Sabtu.

Baca Juga:  Pemerintah Cabut HET Minyak Goreng, Begini Penjelasan DKUPP Purwakarta

Dia menyebutkan bahwa berdasarkan pantauan data permukaan air (water level) dan prediksi pasang surut, banjir air pasang laut atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada tanggal 14-20 Mei 2022.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Jawa Barat Senin 1 Mei 2023 Diprediksi Akan Begini

Dalam hal ini, wilayah yang berpotensi terjadi rob di antaranya pesisir selatan Sukabumi, pesisir selatan Cianjur, pesisir selatan Garut, pesisir selatan Tasikmalaya, pesisir selatan Pangandaran, pesisir selatan Cilacap, pesisir selatan Kebumen, pesisir selatan Purworejo, dan pesisir selatan Yogyakarta.