Bantu Korban Gempa, Basarnas Kirim Tim INASAR ke Turki Dalam Operasi SAR

Bantu Korban Gempa, Basarnas Kirim Tim INASAR ke Turki Dalam Operasi SAR

JABARNEWS | MEDAN – Badan SAR Nasional (Basarnas) menurunkan 49 personil tergabung dalam tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) ke Turki untuk membantu evakuasi korban gempa bumi.

Humas kantor SAR Medan, Sariman Sitorus mengatakan, pelepasan Tim INASAR ke Turki langsung disaksikan Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi melalui Lapangan Basarnas Jl Angkasa Blok B. 15 Kav. 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Personil yang diberangkatkan dalam membantu operasi SAR di Turki, terutama melakukan evakuasi korban gempa bumi,” ujarnya, Sabtu (11/2/2023).

Kata dia, personil yang akan diberangkatkan tersebut telah lulus dalam penilaian International Search and Rescue Advisory Group atau INSARAG External Classification (IEC) sebagai tim urban SAR medium class. Artinya, mereka telah bersertifikat internasional dan kapabel untuk memberikan bantuan di bidang SAR di negara lain yang membutuhkan bantuan Urban SAR (USAR).

“Tim INASAR akan membawa berbagai peralatan urban SAR seperti peralatan ekstrikasi, search cam, dan sejenisnya,” terangnya.