Banyak Guru Pensiun, Sekolah di Bekasi Kekurangan Tenaga Pengajar

Kota Bekasi kekurangan tenaga pengajar/guru. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BEKASI – Memasuki tahun 2022, sedikitnya 400 orang guru di Kota Bekasi memasuki masa pensiun. Akibatnya, sekolah-sekolah di Kota Bekasi untuk tingkat SD dan SMP mengalami kekurangan guru.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian Disdik Kota Bekasi, Yanti Mariawati mengatakan, jumlah kekurangan guru di tiap sekolah bervariasi. Mulai dari satu hingga lima orang guru.

Baca Juga:  Transaksi Temu Bisnis dan Pameran Produk OPOP 2022 Capai Rp42,1 Miliar, Ridwan Kamil: Ini Produk Pesantren

“Bisa kurang satu, kadang sampai lima ada. Tergantung guru itu per mapel (mata pelajaran). Jadi satu sekolah itu bisa kurang lima. Karena di sekolah sendiri banyak yang pensiun. Ini (sekolah) juga banyak yang ngirim surat atau apa, tapi kita tidak bisa ya. Hanya bisa menampung saja,” ujar Yanti kepada wartawan.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Sebut Pelayanan Kependudukan Paling Banyak Diserbu Warga Purwakarta

Masih menurut Yanti, rata-rata di setiap sekolah itu hampir semua kekurangan guru untuk tingkat SD dan SMP. Kecuali TK karena sudah terpenuhi. Karena dari adanya kekurangan itu, banyak guru yang pensiun ataupun meninggal dunia karena Covid-19.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Wilayah Jabodetabek Hari Ini, Bogor Hujan, Bekasi Cerah

“Jadi kita makin banyak kekurangan,” kata Yanti, Jumat (15/7/2022).

Yanti menyebut banyak orang yang mendaftar menjadi guru honorer. Namun, katanya, Pemkot Bekasi tak bisa sembarangan menerima guru honorer karena terkait dengan anggaran.