Begini Langkah Pemuda Pelopor Majalengka Selamatkan Satwa Langka Gunung Ciremai 

JABARNEWS | MAJALENGKA – Predikat juara satu Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2018 jatuh kepada Wawan Suhermawan.

Pria berusia 26 tahun ini punya keunggulan pada bidang pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Lingkungan.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Plt Bupati Majalengka, Karna Sobahi, saat pelaksanaan Upacara Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, di Alun-Alun Majalengka, Senin (29/10/2018).‎

Pemuda kelahiran Desa Cisetu, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka itu, pada tahun 2017 juga tercatat sebagai Pemuda Pelopor Bidang SDA dan Lingkungan tingkat Kabupaten Majalengka.

Baca Juga:  Banyak Dapat Dukungan, Toleng Pernah Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Kawarang

“Saya kembali meraih juara pertama Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Majalengka. Saya mengucap Alhamdulillah. Ini akan melecut saya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Majalengka,” ungkapnya.

Wawan menambahkan, dengan terpilihnya sebagai pemuda pelopor selama dua tahun berturut-turut, 2017-2018 ini, akan menambah motivasi untuk menyelamatkan, menjaga, dan melestarikan populasi satwa langka maupun non langka, seperti jenis burung garuda maupun burung lainnya. Saat ini, satwa langka itu masih ada di wilayah Gunung Ciremai.

Baca Juga:  HUT IKWI 2023, PWI Pusat Gelar Fun Walk

“Kemerdekaan juga bisa dilekatkan dengan alam karena alam berdampak pada kemerdekaan spesies kita. Jangan sampai mereka terusir lagi dari tempat tinggal mereka,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemuda jangan menjadi aktor utama dalam rusaknya lingkungan.

“Pemuda tentunya memiliki pengaruh di dalam masyarakat. Pemuda harus bisa memberikan keteladanan yang baik dan mampu mengayomi masyarakat walaupun dimulai dari kegitan kecil dan sederhana,” ungkapnya.

Baca Juga:  Telan Anggaran Ratusan Juta, DPKPP Cianjur Klaim Pembangunan Pipanisasi Sudah Rampung 100 Persen

Plt Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengatakan, penghargaan yang diberikan tersebut adalah bentuk apresiasi untuk pemuda berprestasi.‎

“Mari kita mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan komitmen kebangsaan. Lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita. Pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo bangun pemuda, satukan Indonesia,” tandasnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat