Begini Tanda Jika Tubuh Kalian Kelebihan Gula, Diantaranya Mudah Haus

JABARNEWS | BANDUNG – Idealnya, kadar gula darah puasa normal berkisar antara 72-99 mg/dL. Sedangkan kadar gula darah normal setelah makan tidak melebihi dari 140 mg/dL.

Namun pada kondisi diabetes dan prediabetes, kadar gula darah bisa meningkat dengan cepat. Peningkatan kadar gula ini dapat menimbulkan beberapa keluhan dan gejala.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa tanda tubuh kelebihan gula yakni:

Baca Juga:  Bodebek Jadi Prioritas Aplikasi Pemesanan Minyak Goreng, Bima Arya Bilang Begini

Pertama. Mulut terasa kering – Tanda tubuh yang kelebihan gula pertama yakni bibir atau mulut terasa kering. Salah satu tanda kelebihan gula yang paling umum adalah mulut terasa kering.

Hal ini biasanya disebabkan oleh terganggunya produksi air liur oleh kelenjar ludah. Mulut kering akan meningkatkan resiko munculnya infeksi jamur dan bakteri pada mulut.

Kedua. Selalu merasa lapar – Tanda kelebihan gula selanjutnya adalah selalu merasa lapar. Pada diabetes, meski penderitanya sudah makan banyak, gula yang diserap dari makanan tidak dapat masuk ke dalam sel.

Baca Juga:  Panen Padi di Indramayu Capai 1,2 Juta Ton, Nina Agustina Harap Penghasilan Petani Meningkat

Hal tersebut sehingga menyebabkan sel-sel tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Hal ini akan membuat tubuh terus merasa lapar dan nafsu makan meningkat. Tentunya hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ketiga. sering merasa haus dan buang air kecil (BAK) – Waspadai rasa haus yang sering muncul meski telah banyak minum. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda kelebihan gula.

Baca Juga:  Gagal Nyalip, Pengedara Motor Mio Asal Ciamis Tewas Terlindas Truk di Purwakarta

Penumpukan gula dalam darah akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan membuangnya, sehingga BAK jadi lebih sering dan cairan yang keluar lewat urine juga jadi lebih banyak. Hilangnya banyak cairan lewat urine inilah yang menimbulkan rasa haus. (Red)