Belajar Sambil Bermain, Aksi Pemadam Kebakaran Cilik di Purwakarta Bikin Gemas

Damkar Cilik
TKIT AR Rasid saat ikuti Program Edacil di Mako Pusat. (Foto: Damkar Purwakarta).

Lebih lanjut, Juddy menyampaikan kegiatan Edacil ini dibagi beberapa tahap, diantaranya tahap awal pengenalan dan materi yang dikemas dalam hiburan, seperti menyanyi dan aja juga tepuk damkar.

Setelah itu, ada sedikit praktek lapangan yang dimana anak-anak usia dini ini kita beri pengenalan alat-alat Damkar dan juga rescue atau penyelamatan seperti tali temali dan halang rintang yang dikemas dalam permainan anak dan juga lorong-lorongan dari ban, serta jembatan gantung yang menarik untuk seusia mereka.

Baca Juga:  Soal Pembukaan Pasar Hewan, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Tunggu Ini

“Kita ada tahap pemadaman, dimana anak-anak belajar tentang cara memegang selang kecil untuk memadamkan api, dan juga mengahadapi air hujan dengan dipola menjadi hiburan yang menarik bagi mereka,” tuturnya.

Baca Juga:  Wah! Anak Pedangdut Nasional Diringkus Polisi Purwakarta, Ini Kasusnya

Sementara menurut guru pembimbing Paud IT Ar Rasid Cempaka Purwakarta yang pada saat anak didiknya mengikuti program Edacil ini mengapresiasi kegiatan tersebut.

Baca Juga:  BPBD Ungkap Ada 16 Desa di Kabupaten Purwakarta Rawan Kekeringan

“Kami sangat senang dan bangga, yang dimana Dinas Damkar Purwakarta mengadakan kegiatan ini, karena membuat anak didik kami setidaknya dari usia dini ini sudah sedikitnya mengetahui apa itu Damkar dan apa tugasnya,” ujarnya.