Bencana Relatif Tinggi, Setiawan Wangsaatmaja Sebut Karena Jabar Dilalui Ring of Fire

Sekretaris Daerah  Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri Forum Perangkat Daerah Sub Urusan Kebencanaan dan Kebakaran bersama BPBD Jabar, di Resinda Hotel Karawang, Rabu (2/2/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah  Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Jabar menjadi wilayah yang dilalui ring of fire di Indonesia, sehingga potensi bencana relatif tinggi.

Adapun fenomena kebencanaan di Jabar berdasarkan kejadian pada 2021, diantaranya bencana tanah longsor sebanyak 1.387 kejadian, dan puting beliung 676.

Baca Juga:  Objek Wisata di Purwakarta Jadi Fokus Pengamanan Polisi saat Libur Tahun Baru

“Ada pula banjir 335 kejadian, kebakaran hutan/ lahan 40 kejadian, gempa bumi 25 kejadian, dan gelombang pasang enam kejadian,” kata Setiawan dalam keterangan yang diterima di Kota Bandung, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga:  Dear Bunda, Dua Hal Ini Penting dalam Perkembangan Kognitif Anak, Simak Disini!

“Terdapat lima kabupaten/ kota dengan jumlah kejadian bencana tertinggi, yakni Kabupaten Bogor 699 kejadian, Kabupaten Sukabumi 390 kejadian, Kota Bogor 209 kejadian, Kabupaten Ciamis 166 kejadian, dan Kabupaten Bandung 137 kejadian,” tambahnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dinilai Gagal Jalankan Tatakelola Permasalahan Pungli di Sekolah

Oleh karena itu, Setiawan mendorong BPBD Jabar agar erat berkoordinasi dengan BPBD kota/ kabupaten, serta perangkat daerah terkait lainnya.