Bentuk Karakter Peserta Didik Baru, SMK Taruna Sakti Purwakarta Gandeng TNI dan Polri

Pembukaan MPLS di SMK Taruna Sakti Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Sakti Purwakarta menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru.

Kegiatan MPLS bertema mengembangkan potensi karakter siswa untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila itu dibuka secara resmi oleh Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, pada Senin, 25 Juli 2022.

Baca Juga:  Bawaslu Purwakarta Ajak Media Massa Kawal dan Awasi Pemilu 2024

Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya, mengatakan MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Tujuan MPLS ini, kata dia, untuk mengenali potensi diri siswa baru. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Baca Juga:  Duh! Sebanyak 3.715 Surat Suara DPR RI di Purwakarta Rusak, KPU Beberkan Hal Ini

“Selain itu MPLS ini juga bertujuan mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,”beber pria yang akrab disapa Gilang itu.

Baca Juga:  Masyarakat Purwakarta Minta Oknum Guru PNS Nakal Dihukum Berat