Berikut Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

JABARNEWS | BANDUNG – Kadar dalam darah biasanya dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Dan apabila tubuh kita kelebihan asam urat biasanya akan menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, kalian harus tahu makanan apa saja yang menjadi penyebab naiknya asam urat. Dengan begitu kalian bisa memilih makanan yang bisa dikonsumsi dengan bebas. Dilansir dari banyak sumber, berikut makanan yang bisa menyebabkan asam urat tinggi. Diantaranya:

Baca Juga:  Kandang Terbakar, 37 Domba Mati Terpanggang

Pertama. Jeroan – Jeroan seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam, juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat yang harus dihindari. Hal tersebut karena jeroan memiliki kadar purin sangat yang tinggi dan dapat menyebabkan serangan gout akut bila dikonsumsi penderita yang sudah lama menderita penyakit asam urat.

Kedua. Daging merah – Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang tingi protein, namun daging-daging ini tergolong sebagai makanan penyebab asam urat karena kadar purinnya yang tinggi.

Baca Juga:  Karena Ini Pedagang Waduk Jangari Minta Tunda Direlokasi

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, kalian bisa mengganti sumber protein pada makanan dengan daging ayam atau sumber protein nabati lainnya seperti kacang kedelai pada tempe dan tahu.

Ketiga. Makanan laut – Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin. Beberapa di antaranya yaitu kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

Baca Juga:  Polres Tebing Tangkap Pengedar Narkoba

Keempat. Minuman manis – Minuman dengan rasa manis, seperti soda dan minuman kemasan, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kebanyakan minuman ini mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat tubuh menjadi lebih banyak. (MA)