BMKG Ingatkan Potinsi Rob di Pesisir Selatan Jawa Barat, Ada Fase Bulan Purnama

ilustrasi, Banjir. (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | CIREBON – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mewaspadai potensi terjadinya rob atau banjir air pasang pada 17-20 Januari 2022.

“Adanya fase bulan purnama pada 17 Januari 2022, berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Senin 17 Desember 2022.

Baca Juga:  Jika Terjaring Operasi, Pemudik ke Garut Mesti Lakukan Ini

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau warga yang bermukim di pesisir selatan Jabar, Jateng, dan DIY untuk mewaspadai potensi terjadinya rob atau banjir air pasang tersebut.

Baca Juga:  Duh! Ratusan Warga di Palabuhanratu Sukabumi Terdampak Banjir Rob

Dalam hal ini, kata dia, wilayah yang berpotensi terjadi rob di antaranya pesisir selatan Sukabumi, pesisir selatan Cianjur, pesisir selatan Garut, pesisir selatan Tasikmalaya, pesisir selatan Pangandaran, pesisir selatan Cilacap, pesisir selatan Kebumen, pesisir selatan Purworejo dan pesisir selatan Yogyakarta.

Baca Juga:  Siapa Calon yang akan Diusung PKS di Pemilu 2024? Dr. Salim: Tunggu Akhir Tahun Ini

“Kami telah mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob yang berlaku 17-20 Januari 2022,” katanya.