BPBD Garut Siaga Potensi Bencana Alam Selama Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada

bencana alam
Ilustrasi bencana alam. (Foto: Dodi/JabarNews).

Satria mengungkapkan, potensi bencana alam pada musim hujan di Garut yakni bencana tanah longsor dan banjir yang bisa terjadi di sejumlah daerah di Garut.

Adanya potensi bencana itu, sambung Satria, maka masyarakat yang rumahnya berada di kawasan rawan bencana longsor seperti di sekitar tebing agar selalu waspada dengan melakukan langkah antisipasi seperti tidak menempatinya saat hujan.

Baca Juga:  Selama Bulan Mei 2023, Kota Sukabumi Diterjang 11 Bencana Hidrometeorologi

“Masyarakat juga harus waspada saat hujan dengan relatif cukup lama, dengan curah cukup tinggi, warga juga harus berhati-hati dan waspada, terutama masyarakat yang berada di posisi topografinya di tebing,” ungkapnya.

Baca Juga:  Antisipasi Bencana Alam, Apel Siaga Digelar di Purwakarta

Upaya lain untuk menghindari risiko bahaya bencana alam, masyarakat diberi wawasan tentang mitigasi bencana secara mandiri seperti menghindari lokasi-lokasi yang dinilai rawan bencana longsor.

Baca Juga:  Wahyu Tjiptaningsih: Angka Stunting di Kabupaten Cirebon Terus Alami Penurunan

Sedangkan upaya mencegah terjadinya banjir, kata dia, masyarakat diminta kerja sama untuk membersihkan selokan atau gorong-gorong di lingkungannya dari sampah agar tidak terjadi penyumbatan yang menjadi penyebab banjir saat turun hujan.